Orang Sunda Pemakan Rumput

Sayuran Fuki - ngasih

Sayuran bernama Fuki. Gambar dari ngasih.com

 

Isteri saya bercerita tentang bagusnya makanan mentah berupa sayuran dan buah, yang dia baca dari internet. Katanya, ada sebuah keluarga di Rusia yang yang berpenyakit, dari ayah, ibu sampai anak. Dan mereka baru sembuh dari asma, tiroid, dan diabetes setelah ganti menu makan dari  tepung, daging, dan susu menjadi sayuran dan buah mentah.

Saya pun berkomentar bahwa bagi orang Sunda itu mah biasa.

Ingat  candaan bahwa orang Sunda bisa hidup dengan cara dilepas di kebun? Hehe, kayak kambing aja dilepas di kebun!

Tapi, hal itu memang boleh dianggap kenyataan.

Sebagai anak Sunda, waktu kecil di Bandung, saya dan teman-teman sering main berkeliling sawah dan tepi sungai. Kadang kami pergi sengaja hanya pakai celana pendek, supaya bisa bebas mandi di sungai dan berantem-beramen di lumpur sawah. Hal yang paling mengesankan adalah kami tak pernah pulang dengan tangan kosong, tapi selalu ada yang kami bawa sebagai oleh-oleh. Di antara kami ada yang membawa tutut (keong sawah), belut, dan lalapan, yang semua bisa ditemukan di galengan sawah dan tepian sungai.

Seingat saya, di sawah dan sungai, kami bisa menemukan berbagai macam rumput yang bisa dijadikan lalapan yang sedap dan wangi, yang biasanya kami makan dengan sambal terasi dan atau oncom.

Oarang Sunda memang pemakan lalap sayuran dan rerumputan!  Waktu kecil, ketika membantu ayah di sawah, saya sering makan nasi timbel, ikan teri goreng, sambal terasi, dengan lalap daun mangga dan daun jengkol muda, yang warnanya masih kemerah-merahan, yang kami petik di tempat. Akibatnya, sampai sekarang saya masih suka ‘ngiler’ bila melihat daun mangga muda!

O, ya. Di waktu kecil, saya juga suka makan kangkung mentah dengan sambal…

Kata istri saya, “pantas orang Sunda pada sehat dan segar!”

Wah, kalau sich tidak tahu.

Apalagi orang Sunda sekarang sudah bergaya kosmopolitan, dan suka menyantap junk food (makanan sampah) kiriman dari Paman Sam (Amerika).

 

Leave a Reply

