Mengapa Yahudi Punya Sejarah Berbeda?

Ethel Dimont

Ethel Dimont, librarything.com

Sebuah peradaban lahir, tumbuh dewasa, dan kemudian mati. Inilah pola dalam sejarah. Itu terjadi pada peradaban Babilonia, Persia, Romawi. Tapi mengapa tidak pada Yahudi?

Bagaimana Yahudi mererobos masa dua ribu tahun sejarah manusia? Mengapa sekumpulan kecil manusia ini terus menerus menebarkan pengaruhnya terhadap banyak peradaban? Dari rangkaian mereka telah lahir nama-nama besar seperti Moses, Christus, Spinoza, Marx, Freud, Einstein. Tenaga hidup apakah yang menyala di tengah bangsa Yahudi, yang tidak dijumpai pada bangsa-bangsa pendahulu mereka?

Max I Dimont bertanya dan menjawan pertanyaan-pertanyaan tersebut melalui penyelidikan yang mengasyikkan dan telaah yang tajam, yang kini direvisi dan dihangatkan (di-update). Dimont meneliti sejarah Yahudi dari moyangnya, Abaraham, yang merantau dari kota Ur, hingga negara baru mereka, Israel.

(Buku ini) dikerjakan dengan semangat dan gairah. Ditulis untuk orang awam oleh orang awam yang intelek, yang sangat berminat terhadap masalah yang digarapnya. (Komentar Max Lerner atas buku Jews, God And History versi revisi, yang dikerjakan oleh isterinya sendiri).

Lalu apa kata sang isteri tentang Dimont?

Pada masa kematiannya di tahun 1992, Max Dimont (MD) sedang dalam proses menulis ulang bukunya, Jews, God And History. Pengalaman bekerja dengannya dari masa dia berpikir untuk menulis buku ini di tahun 1995, saya merasa dia ingin pekerjaannya segera selesai. (Dalam revisi ini) saya telah berusaha setia dengan ide-idenya, tanggung-jawabya, dan kepercayaannya terhadap Yahudi dan sejarah Yahudi, tapi saya minta pengertian pembaca tentang gaya penulisannya yang pasti berbeda. Tak ada oarang yang bisa menusli sama seperti Dimont. Begitu juga saya. …

Ethel Dimont

1993.

Kuburan Dimont

Kuburan Max I Dimont di Amerika.

Advertisements
Comments
One Response to “Mengapa Yahudi Punya Sejarah Berbeda?”
  1. Abdul Rahman/abra says:

    waduhhh….bedanya dimana ya ??? qiqiqiqiqi…..kudu baca bukunya dulu nich…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: