Panggilan Mama, Papa; Ummi, Abi, Haramkah? (Kopas dari Facebook)

Lama tersebar tulisan bahwa memanggil pasangan dengan abi/ummi dsb adalah haram. Yg nulis mungkin lupa bahwa dlm kebiasaan org Indonesia, panggilan mama, papa, umi, abi dll itu ditujukan utk memberi contoh kpd anak. Bahkan kita juga memanggil adik/kakak dengan om/tante, pakde/bude dll., juga utk memberi contoh (mengajar) anak2 kita, agar mrk memanggil setiap org sesuai kedudukan mrk. Itu adalah cara kita agar anak2 menghormati orang lain sesuai dengan kedudukan mrk. Dan itu adalah sikap yg Islami.

Comments
Yanto Ozai
Yanto Ozai Haram dilihat sisi mana sih bah…bukannya bagus…iya kan bah…

Ian Csa
Ian Csa Kalo nyontohin ke anak sih gpp, tp yg dimaksud diharamkan adalah ketika pasangannya memanggil dgn sebutan “ummiy/abiy” (ibuku/ayahku), karena itu artinya menyejajarkan kedudukan suami/istri dgn ayah/ibunya. Lbh baik panggil “habiby/habibatiy” (sayangku) atau jgn pakai isim majrur, panggil aja “aba/ummu” (ayah/ibu) sesuai kaidah sapaan. Atau pakai idhofah “aba/ummu abna’i” (ayah/ibu dari anak2ku).

Like · Reply · 2 · 1 hr
Ahmad Husein
Ahmad Husein Makanya, lihat konteksnya aja. Tanya niat dr mrk yg menggunakan pangilan2 itu. Saya kira, dlm pikiran org Indonesia ga ada tuh yg punya niat menyamakan kekasih, istri/suami dg ortu. Mrk memakai kata mama/papa, misalnya krn membayangkan pasangan mrk bisa menjadi mama/papa dr anak2 mrk.
Jadi, intinya, pahami istilah sesuai konteksnya; jangan hanya mengacu kamus, lalu menggunakan makna harfiah untuk menggeneralisasi makna.

Like · Reply · 3 · 57 mins · Edited
Ian Csa
Ian Csa Tapi sebaiknya klo mau nyontohin ke anak, contohin jg pola bahasa yg benar. Panggilan abi/umi di depan anak itu bagus, tp klo utk manggil tanpa sepengetahuan anak (bkn utk mencontohkan anak)-misalnya lg berduaan aja ama pasangan-gak haram sih, cuma aneh aja klo org yg ngerti bahasa arab sapaannya abi/umi. Klo di Indonesia sih gpp, ga ada bedanya arti abi/aba/abu-umi/umu. Klo dlm bhs Arab, bilang abi/umi (baik pakai y atau gak) tetep aja artinya ayah/ibuku, karena kaidah mereka kata sapaan harusnya manshub, bukan majrur, jd klo dimajrurin jadinya bermakna ayahku/ibuku

Ahmad Husein
Ahmad Husein Sekali lagi, makna kata tidak hanya ditentukan berdasar kamus (harfiah), tapi juga diarahkan oleh konteksnya. Dlm hal org Indonesia menggunakan panggilan2 tsb, niat mrklah jadi konteksnya, bukan kamus bahasa Arab.

Ahmad Husein
Ahmad Husein Satu lagi: Soal keanehan (anomaly) dalam berbahasa itu biasa, dan itu terjadi dlm bahasa apa pun di dunia; apalagi dlm bahasa Indonesia yg diambil dari berbagai bahasa.

Reza Qw
Reza Qw Mungkin mereka cuma mau dekat dng bhs arab, yg mnurut mereka itu bhs islam, yaa salah kaprah lagi deh.hehe

Ian Csa
Ian Csa Tapi setau sy Rasul emang gak pernah manggil istri2nya dgn sebutan “ibu/mama” walopun utk mencontohkan ke anak2nya

Ahmad Husein
Ahmad Husein Yaa, ini saya sedang membahas kebiasaan org Indonesia, khususnya yg muslim, yg ternyata masih buta bhs Arab dan sunnah (kebiasaan) Rasulullah. Tp dlm keadaan demikian, spt kata Reza Qw, mrk ‘mau dekat dg bahasa Arab’. Lalu terbukti mereka melakukan kesalahan (salah kaprah)… Apakah mrk hrs divonis dg menggunakan hukum fiqh: halal/haram? Atau ktia berusaha memahami jalan pikiran mrk, dan kemudian memberikan penerangan dg cara yang bijak?

Like · Reply · 2 · 25 mins
Ian Csa
Ian Csa Makanya klo ada yg nanya masalah ini haram/halal, sy ga akan jwb. Malah sy tanya balik “Rasul nyontohin gak?” Tp kebanyakan mereka tetep ikut trend yg ada sih

Ahmad Husein
Ahmad Husein Kasian3 smile emoticon Kebanyakan mrk memang ga mau diajak berpikir.

Ahmad Husein
Write a reply…
 
Hendri Safutra
Hendri Safutra Apakah bahasa penentu makana? Atau makna penentu bahsa?

Hendri Safutra replied · 2 Replies · 6 mins
David Misra
David Misra Haram panggilan Abi Ummi untuk Pasangan yg blum ijab syah atau menikah. Sekarang kan bnyak tuh anak remaja pd pacaran panggilannya Ayah Bunda dan Ummi Abi. Semoga Allah beri hidayah untuk tdk berpacaran sblum ijab syah.

Susi Suceng
Susi Suceng Jadi manggil nya apa donk? Abang ma mpo waduh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: