Keajaiban Burung Bangkai

Burung Nasar

Burung nasar atau burung bangkai, berpesta dengan daging busuk, dan bila bagian dari daging mangsanya tersembunyi di bagian yang sulit dipecahkan oleh paruh mereka, burung nasar pun memanfaatkan lubang-lubang tubuh mangsanya, kadang mereka memakan kotoran!
Bagaimana burung ini bisa mencerna makanan yang bila dimakan hewan-hewan lain justru mematikan?
Para peneliti memeriksa DNA usus nasar untuk memahami mengapa mereka kebal terhadap mikroba-mikroba yang mematikan. Mereka menduga bahwa bakteria yang hidup di dalam usus nasar pastilah kompleks (merupakan kumpulan bakteria yang sangat banyak jenisnya). Ternyata, mereka hanya menemukan 76 jenis mikro-organisme. Bandingkan dengan kulit wajah kita yang mengandung lebih dari 500 jenis!
“Secara umum orang menduga bahwa semakin kompleks mikroba semakin baik,” kata Lars Hesgbjerg Hansen, mikrobiologis di Aarhus University, Denmark, dan penulis new study tentang burung, yang diterbitkan jurnal Nature Communications. “Tapi burung nasar ternyata hanya mengandung mikroba-mikroba yang sangat sederhana.”
Namun, katanya, burung nasar harus mengadaptasi bakteria beracun dalam bangkai. Mungkin sistem pencernaan mereka merusak bakteria berbahaya, sehingga pada kotoran mereka pun tidak ditemukan bakteria berbahaya tersebut. “Mulut mereka menelan bakteria berbahaya, tapi tidak mengeluarkannya lagi melalui dubur mereka,” kata Dr. Hansen. “Kami tidak menemukan tanda-tanda bahwa mereka menyebarkan penyakit.***

SINDYA N. BHANOO
*The New York Times, 1-12-2014

CATATAN:
Penciptaan burung bangkai agaknya merupakan isyarat bahwa mereka memang bertugas sebagai pembersih alam dari penyakit-penyakit tak terhingga, yang bisa tersebar bila bangkai tidak menjadi santapan mereka.
Subhanallah wal-hamdu lillah. La haula wa la quwwata illa billah…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: