KAMUS SUARA (1)

Untuk mendengarkan file suara, klik di sini:

KAMUS SUARA (1)

Untuk mendapatkan file PDF-nya, klik di sini: 80% Kosakata Al-Quran

Kata-kata singkat dan kata kerja dalam Al-Qurãn
1. Kamus ini disusun berdasar naskah berjudul 80% of Qur’anic Words (Classified word lists for easy memorization), karya Dr. Abdulaziz Abdurrahim).
2. Dalam naskah tersebut termuat kata-kata pendek yang sering diulang-dalam Al-Quran, dan sekitar 200 kata kerja yang juga sering diulang-ulang dalam Al-Quran. Kata fa’ala, misalnya, diulang sebanyak 105 kali, ja’ala diulang 346 kali, kafara diulang 461 kali, ‘alima 518 kali, dan begitu seterusnya degan kata-kata yang lain.
3. Dengan demikian, bila kita dapat menghafal dan memahami semua kata yang termuat dalam naskah ini, maka berarti kita telah menguasai sekitar 80% kosakata Al-Quran.
4. Selanjutnya, melalui Kamus Suara ini, anda dapat lebih terbantu lagi untuk memahami dan menguasai naskah tersebut; yang tentu akan membantu untuk memahami Al-Qurãn.
5. Saudara sekalian, Kamus Suara ini terutama ditujukan kepada teman-teman yang sedang belajar bahasa Al-Qurãn bersama saya; tapi dapat juga digunakan oleh siapa pun yang berminat dalam pengkajian Al-Qurãn.

BAGAIMANA MENGGUNAKAN KAMUS SUARA INI?
1. Anda simpan file kamus ini di komputer, tablet, atau hp anda. Kemudian dengarkan sambil memegang naskah tersebut. Perhatikan bagaimana setiap kata yang tertulis dibunyikan dan dijelaskan artinya dalam Kamus Suara ini.
2. Selanjutnya, anda bisa mendengarkan Kamus Suara ini tanpa memegang naskah atau melihat tulisannya. Ini merupakan langkah kedua dari penggunaan Kamus Suara ini, dengan tujuan agar anda mendengarkannya sesering mungkin, sampai setiap kata dihafal semua.
3. Saudara sekalan, belajar bahasa dapat berhasil dengan baik bila anda terus berlatih. Pertama, anda berlatih mendengarkan. Kedua, anda berlatih untuk mengucapkan setiap kata yang anda dengar. Ketiga, anda berlatih untuk menulis.
4. Kamus Suara ini dibuat terutama untuk membantu anda mendengarkan kata-kata yang termuat dalam naskah, dan anda berusaha untuk ikut mengucapkan setiap kata yang anda dengar.
5. Pada tahap awal, anda harus mendengarkan sambil memegang dan melihat naskah, untuk mengenali tulisan dari setiap kata yang diucapkan.
6. Tahap berikutnya, anda bisa mendengarkan Kamus Suara ini tanpa memegang naskahnya, sambil melakukan kegiatan anda sehari-hari, sama seperti anda mendengarkan musik sambil bekerja. Hal ini harus anda lakukan sesering mungkin, sampai Kamus Suara ini akhirnya dapat anda hafalkan semua.

Comments
9 Responses to “KAMUS SUARA (1)”
  1. Yanto says:

    Pak, naskahnya adanya dimana ya Pak? Saya cuma pake hp..

  2. Yanto says:

    Saya si anak kecil yg disuruh ibu membeli minyak, smoga saya tidak lupa dgn botol tempt minyak lampu yg saya pegang akibat banyaknya permainan yg saya temui dijalan…

  3. Ahmad Haes says:

    Anda bisa cari di internet dg mengetik judulnya.

  4. Ahmad Haes says:

    Sekarang sudah saya lampirkam file PDF-nya.

  5. Yanto says:

    Iya Pak makasih,.. Di tunggu postingan barunya..

  6. Ahmad Haes says:

    Terimakasih kembali. Harap sabar menunggu postingan barunya.🙂

  7. Yanto says:

    Pak Ahmad, sebelumnya saya minta maaf kalau tata bhs indonesia saya ngawur. Maklum saya hanya tamatan SMP dan dulu ikut pengajian baru secuil.. Saya mau tanya siapakah pemimpin umat islam saat ini? Gak mugkin kan Pak kalau tanpa pemimpin?

  8. Yanto says:

    Semua yg saya pelajari dulu(tata bhs AQ) hilang semua tanpa ada lagi yg saya ingat.. Tapi untuk ke lain hati selain ABC ya tidak mungkin Pak. Sekarang ini sedikit dmi sdikit mulai saya pelajari dan ingat2 lg.

  9. Ahmad Haes says:

    Pemimpin umat Islam sekarang adalah perasan hati masing2. Karena itu tak aneh bila mereka tidak bersatu.

Leave a Reply

