Menipu Konsumen Lewat Kemasan Yang Lebih Besar Dari Isi

Andapasti mengenal merek jenang (dodol) ini. Ya, jenang Kudus “Mubarok” memang sudah menjadi merk dagang yang terkenal. Tapi, dengan produk Mubarok1yang sudah mashur begitu, mengapa pemiliknya masih harus melakukan trik untuk mengelabui kita melalu kemasan yang tak sesuai isinya?

Pada gambar 1 dan dua, anda bisa lihat bahwa di dalam kemasan karton besar termuat kemasan-kemasan karton kecil. Begitu anda melihat kemasan-kemasan kecil itu, anda tentu menduga bahwa kemasan-kemasan tersebut penuh, padat terisi oleh bungkusan-bungkusan plastik yang berisi jenang.

Tapi, pada gambar 3, anda lihat bahwa kemasan-kemasan karton kecil itu ternyata hanya terisi setengah, yaitu tiga bungkus plastik jenang.

Pada gambar 4, jelas terlihat bahwa ukuran kemasan karton besar jelas akan menjadi lebih kecil, yaitu hanya sekitar 60% dari ukuran yang digunakan.

Pada kemasan memang ada keterangan tentang berat bersih dan isi tiap karton kecil. Tapi tetap saja kemasannya itu sengaja dibuat lebih besar dengan tujuan mengelabui kita secara visual.

Apa artinya ini? Produsen menipu konsumen dengan cara menggunakan kemasan yang lebih besar dari isinnya.

Tipuan-tipuan seperti ini tampaknya sudah lazim dilakukan para pengusaha sekarang, dan konsumen pun kebanyakan tak mauMubarok3 tahu, atau terpaksa ‘memaafkan’ karena ketidak-berdayaannya.

Lalu bagaimana dengan Yayasan Lembaga Konsumen? Tidak tahukah mereka? Atau sama tidak berdayanya?

Khusus untuk pemilik jenang Kudus “Mubarok”, saya hanya ingin bertanya: Melihat produk anda yang menggunakan nama “Mubarok”, dan anda menyertakan pula keterangan produk berhuruf dan berbahasa Arab, bisa dipastikan bahwa anda seorang muslim.

Tapi, mengapa anda masih menggunakan cara ‘tipu-tipu’ yang lazim digunakan orang kafir?

Memasuki bulan suci Ramadhan, saya berharap tulisan ini menjadi pengingat bagi kita semua bahwa ketidak-juruan itu sangat menyakitkan, dan tentu mengundang murkaTuhan. *

 

Mubarok4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mubarok5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: