Apa Arti Berkah… ?

“Apa arti berkah, atau barokah?” Tanya seorang teman. “Kalau berkat atau berekat sih saya tahu. Itu kan yang biasa saya terima sepulang dari acara-acara slametan.”
Saya bilang, “Berkah, barokah, dan juga berekat atau berkat, berpangkal pada kata yang sama: barokat(un), yang bisa diucapkan barokah atau barakah.
Harfiah, barakah berarti “pertambahan”; baik pertambahan jumlah, ukuran, maupun nilai. Tapi semua bersifat baik alias positif. Bila pertambahannya bersifat buruk alias negatif, namanya bukan barakah, tapi laknat (la’nah = kutukan). Sesuatu yg terkutuk adalah sesuatu yang tetap dalam keadaan buruknya.”
“Kalau begitu, apa yang dimaksud hidup berkah?” tanya teman saya pula.

Saya bilang, “Hidup berkah adalah hidup yang terus bertambah baik dalam hal nilai dan manfaatnya… ”
“Waduh, kalau begitu, hidup saya belum berkah nih!” katanya sambil garuk-garuk kepala.
Saya bilang pula, “Jangan putus asa! Masih ada langit bumi dan segala isinya, termasuk umur kita, yang merupakan berkah Allah bagi kita!”.

 

“Satu-satunya makhluk yang seharusnya putus asa adalah iblis!” sambung saya.

 

“Kenapa?” tanya teman saya.

 

“Dalam Al-Quran disebutkan bahwa yang berputus asa terhadap rahmat (anugerah) Allah hanyalah orang kafir. Dan iblis, dia bukan hanya kafir tapi juga menerima laknat Allah dengan sikap sombong.”

Leave a Reply

