Huaisheng, Salah Satu Masjid Tertua di Dunia

masjid Cina1.

Islam bukanlah agama mayoritas di China, namun siapa sangka jika perkembangan agama ini sudah terjadi sejak abad ke-7. Salah satu saksi penyebaran Islam di Cina khususnya di Guangzhou adalah Masjid Huaisheng yang hingga kini masih gagah berdiri.

Huaisheng adalah salah satu masjid tertua di Cina. Dibangun pada tahun 627 dimana saat itu negara ini diperintah oleh Dinasti Tang (618 – 907). Cerita lain di balik pembangunan masjid ini adalah tentang siapa yang membangunnya. Menurut sebuah publikasi mengatakan bahwa Huaisheng dibangun oleh paman Nabi Muhammad, Abi Waqqas pada misi pertamanya penyebaran agama Islam di Cina.

Masjid Cina3Masjid yang luasnya mencapai 2.966 meter persegi ini memiliki sebuah menara yang lebih mirip mercusuar setinggi 36 meter. Menara ini pada masanya digunakan untuk menyinari lalu lintas kapal di sungai Zhujiang. Selain itu, para pelaut juga sering naik ke menara untuk melihat kondisi cuaca. Kendati masjidnya menganut arsitektur khas Dinasti Tang, namun desain menaranya justru banyak dipengaruhi oleh arsitektur Arab. Sementara itu ruang shalatnya dibangun kembali pada tahun 1935 dengan menggunakan beton. Mihrabnya berbentuk setengah lingkaran dan berada menjorok ke luar daripada shaf shalat. Di sebuah gerbang masjid yang tidak terlalu luas ini terdapat tulisan Cina yang berbunyi “agama yang menjunjung tinggi ajaran yang dibawa dari wilayah barat”.

Oya, nama “huaisheng” bukanlah tanpa makna. Kata-kata ini kurang lebih berarti “mengingat orang bijak”. Orang bijak yang maksud adalah Nabi Muhammad yang menjadi teladan dan acuan tingkah laku umat muslim. Oya, selain dikenal dengan nama Huaisheng, beberapa nama lain yang juga sering diucapkan oleh warga setempat adalah masjid Hwai Sun Su, Huai-Sheng, Huai-Shang, dan Huai-Shang Si. Beberapa lainnya menyebut dengan Masjid Agung Canton dan masjid Ying Tong.

Masjid yang berada di kawasan Guanta, jalan Huai Sun Su ini bisa dicapai dengan naik Guangzhou subway jalur 1 menuju Ximenkou Station. Sesampainya di Ximenkou keluarlah melalui pintu exit B dan berjalan sekitar 500 meter menuju masjid. Anda juga bisa naik bus nomor 56 atau 58 menuju masjid Huaisheng.

Masjid Cina2

By yustitia / 30 November 2012

http://cina.panduanwisata.com/guangzhou/wisata-religi-guangzhou/mengenal-huaisheng-salah-satu-masjid-tertua-di-cina/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: