Rusia Ingatkan Bencana Nuklir Bila Suriah Diserang

Tiga tokoh

By RT

September 05, 2013 “
Information Clearing House – “RT” –  Serangan militer atas Surian bisa menyebabkan timbulnya bencana nuklir, (misalnya) bila sebuah rudal menghantam sebuah reaktor yang berisi uranium radioaktif. Demikian peringatan dari juru bicara Menteri Luarnegeri Rusia.

Peringatan itu tercetus seiring makin meningkatnya ancaman serangan militer AS atas Suriah.

“Bila sebuah rudal, sengaja atau tidak, menghantam Miniature Neutron Source Reactor (MNSR) dekat Damaskus, dampaknya adalah bencana,” kata Aleksandr Lukashevich hari Rabu lalu.

PM Rusia mendesak IAEA, lembaga enerji atom PBB untuk menyelesaikan penelitian risiko sehubungan dengan usaha AS yang terus menggalang dukungan untuk melakaukan aksi militer. Lembaga tersebut diminta untuk bereaksi cepat demi menghasilkan analisis bahaya sehubungan dengan kemungkinan AS menyerang MNSR dan fasilitas-fasilitas nuklir lain di Suriah.

Lukashevich menyatakan bahwa kawasan tersebut dapat terdampak bahaya “kontaminasi uranium yang sudah sangat diperkaya dan tidak bisa lagi dikendalikan.” Ia menekankan bahwa bahan demikian itu bisa jatuh ke tangan-tangan yang salah.

Pihak IAEA sendiri mengatakan bahwa mereka peduli dengan peringatan itu, tapi masih menunggu permintaan resmi untuk menyelesaikan evalusi bahaya tersebut. “Kami akan mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan yang timbul bila kami menerima pertanyaan-pertanyaan tersebut.” Demikian kantor berita Reuters mengutip jubir IAEA.

Kantor berita tersebut mengabarkan minggu lalu bahwa Suriah memaklumkan hanya ada “sedikit bahan nuklir” di MNSR, sejenis riset reaktor yang biasanya menggunakan bahan bakar uranium yang sudah sangat diperkaya.

Kendari reaktor demikian itu tidak akan menyimpan banyak bahan nuklir, itu sudah cukup untuk menyebabkan “bencana radiasi lokal yang parah” bila reaktor tersebut diserang, kata ahli nuklir Mark Hibbs dari Carnegie Endowment for International Peace kepada Reuters.

Senat Komisi Luarnegeri AS telah memvoting Rabu lalu untuk menyetujui rencana Obama menyerang Suriah, atas tuduhan bahwa rejim Presiden Bashar Assad menggunakan senjata kimia.

Bila Kongres AS menyetujui permintaan Obama, As harus segera menyusun rencana serangan terbatas atas Suriah.

Di lain pihak, Moskow membutuhkan bukti yang meyakinkan – bukan kabar burung – dari para ahli PBB bahwa senjata kimia memang digunakan di Suriah. Demikian kata Presiden Vladimir Putin dalam sebuah wawancara dengan kantor berita AP di Saluran 1 Selasa lalu.

“Kami percaya bahwa sekurang-kurangnya kami harus menunggu hasil-hasil inspeksi komisi PBB di Suriah,” kata Putin. Ia juga menambahkan bahwa sejauh ini tak ada informasi pasti tentang bahan kimia yang digunakan di kawasan Damaskus, termasuk tak ada laporasan pasti tentang siapa penggunanya.▲

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: