Kiat Mempelajari Bahasa Arab 2

Peserta  Shariah Program yang baik,

Email terakhir saya berisi jawaban untuk pertanyaan bagaimana menghafal kosakata.

Dalam email ini, saya ingin memberikan nasihat-nasihat berdasar pengalaman kami dalam mempelajari dan mengajarkan Bahasa Arab.

Pertimbangan saya untuk memberikan nasihat-nasihat ini adalah karena saya melihat betapa besar dampaknya bagi keberhasilan seorang pelajar.

Dan saya benar-benar ingin anda memulai belajar, terus belajar, dan mencapai hal-hal besar, misalnya mampu membaca Al-Qurãn dengan benar-benar memahami makna-makna serta mu’jizat-mi’jizatnya, dengan pemahaman yang sejalan dengan maksud penurunannya.

 

  1. Seperti disebutkan sebelum ini, berusaha keras untuk memahami asas-asas (bahasa Arab) akan menghasilkan sejuta manfaat di masa yang akan datang.
  2. Seperti telah disebutkan, bila anda merasa banyak melakukan kegiatan menghafal, mungkin anda merasa telah melakukan suatu kesalahan. Contoh untuk hal ini bisa ditemukan dalam Morfologi Bahasa Arab (ilmu sharf). Di situ ada 150.000 pola. Dengan kata lain, bila saya berikan sebuah kata kerja dan menyuruh anda untuk mengurainya, maka peluang anda untuk mengurainya adalah 1 dalam 150.000. Namun anda tidak harus menghafal 150.000 pola untuk bisa mengurai kata kerja bahasa Arab. Sebenarnya, jumlah yang harus anda hafal hanyalah sekitar 100 pola. Dan pada umumnya para pelajar bisa menguasainya dalam waktu 4-6 bulan.
  3. Lawanlah keinginan untuk meminta bahan pelajaran melebihi batas. Biasanya, ketika topik baru diajarkan, apakah anda pemula atau pelajar tingkat lanjutan, topik tersebut tidak akan diajarkan secara rinci. Bila hal itu dilakukan, terjadilah banjir informasi. Karena itu, kami akan selalu mempercayai guru-guru kita agar mereka memberi informasi yang benar dalam jumlah secukupnya. Tentu saja kita boleh meminta penjelasan, tapi meminta penjelasan yang rinci adalah tuntutan yang harus kita hindari.
  4. Setiap orang mengalami yang namanya kemunduran. Kita semua mengalami masa-masa yang di dalamnya kita merasa gagal, atau segalanya berjalan tidak seperti yang direncanakan. Ini sangat penting dipahami. Untuk bisa mencapai tujuan, kegagalan harus terjadi. Itu merupakan bagian dari proses belajar dan PASTI terjadi. Sebenarnya, lebih cepat dan lebih sering kegagalan itu terjadi justru lebih baik. Dengan begitu, bisa lebih cepat melewatinya.
  5. Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa kita berhimpun untuk satu tujuan: Kita berhimpun untuk belajar Bahasa Arab. Menertawakan kesalahan satu sama lain akan membuat kita mandek. Pada saat yang sama, kita tidak bisa menghindari pertanyaan-pertanyaan guru dan berusaha memancing teman untuk menertawakan kesalahan-kesalahan jawaban kita. Ini hanya akan menghasilkan kemandekan. Saya akan ceritakan pengalaman saya sendiri. Ketika saya sedang belajar dasar-dasar Bahasa Arab, ustadz saya bertanya tentang kelas apa yang mengajarkan mutawwalaat. Saya menjawab konyol, “Wanita yang dipanjangkan.” (sunyi sesaat). Apa itu wanita yang dipanjangkan? Saya menunggu seisi kelas meledak dalam tawa. Tapi, anehnya, tak seorang pun tertawa. Karena itu, percaya dirilah, bersikap sopanlah, dan ingat selalu tujuan utama kita.
  6. Melakukan hal-hal kecil seperti berburu buku, mencetak tabel-tabel, dan lain-lain – berbagai hal kecil yang menunjukkan serpihan kecil komintmen untuk belajar Bahasa Arab… bisa jadi menimbulkan dampak psikologis bagi anda. Dampak tersebut bernama cognitive dissonance[1] yang hanya sangat sedikit membantu memberikan dorongan untuk menguatkan tekad anda mempelajari Bahasa Arab.
  7. Terakhir, tapi tak kurang penting, setiap Muslim/Muslimah harus meminta bantuan Allah. Tak ada yang terjadi tanpa bantuan Allah. ∆

 

[Sumber: Shariah Program, http://www.shariahprogram.ca]


[1] semacam benturan antarkonsep yang menimbulkan kerancuan pemahaman. Lebih jauh, silakan browsing di internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: