Kiat Mempelajari Bahasa Arab 1

Catatan: Tulisan di bahwa ini adalah terjemahan dari artikel yang terdapat pada situs Shariah Program (www.Shariahprogram.ca).

Catatan untuk pelajar Muslim

Pengetahuan Bahasa Arab penting dan merupakan sarana yang harus dimiliki untuk mempelajari rujukan-rujukan seperti Al-Qurãn dan hadïs. Bahasa Arab adalah bagian dari ilmu agama Islam. Pengiring-pengiring lainnya antara lain adalah logika, akhlak mulia, dan hormat terhadap guru.

Seperti diketahui, seorang pelajar harus selalu mulai mempelajari Bahasa Arab  dengan niat yang benar dan memusatkan kepatuhannya hanya kepada Allah. Tanpa memenuhi prasyarat ini, kefasihan berbahasa tidak akan ada gunanya, dan nilai ilmunya akan menjadi sia-sia.

Karena itu, pasanglah niat yang benar, mulai dengan bismillah, dan selalu rendah hati. Semoga Allah membantu kita dalam pekerjaan ini.

Bahasa Arab: Klasik atau Moderen?

Bahasa Arab itu unik, dalam arti bahwa versi klasik dan modernnya tidak terlalu berbeda. Perbedaan keduanya terutama hanya pada makna kata-kata secara kamus (lexical meanings), beberapa bentuk secara tatabahasa (grammatical constructions), dan beberapa aspek sastra. Selain dari hal itu, satu sama lain keadaan benar-benar sama.

Secara perkiraan kasar, Bahasa Arab klasik (fushhah) berakhir sekitar pertengahan abad 19 M. Tentu saja peralihan dari klasisk ke moderen terjadi sangat bertahap, tapi pada masa revolusi industrilah para ahli bahasa mulai menciptakan kata-kata baru secara sistematik, dan memanfaatkan kerangka Bahasa Arab untuk mengungkapkan konsep-konsep baru seperti mesin, uap, dan pabrik.

Tapi kesamaan di antara kedua versi hanya berarti bahwa pembicara dari satu versi bahasa hanya butuh sedikit instruksi untuk mempelajari versi yang lainnya. Kesamaan itu tidak berarti bahwa pembicara dari abad ketujuh akan paham sepenuhnya perkataan pengguna versi modern; atau bahwa pengguna versi moderen bisa begitu saja mengambil Al-Qurãn dan mulai mengkajinya tanpa latihan yang cukup. Sama sekali tidak.

Karena itulah, kita fokus pada Bahasa Arab klasik. Setelah memiliki pemahaman yang baik terhadapnya, kita bisa mengembangkan kemampuan dengan mempelajari Bahasa Arab moderen secara mudah. Pengetahuan dialek kedua versi tersebut bisa dipelajari dari kursus-kursus seperti pada Shariah Program (di internet). Siapa pun sangat dianjurkan untuk mengikuti kursus-kursus demikian untuk bisa memahami Bahasa Arab secara benar.

Bahasa Arab Klasik: Suku Apa?

Dalam Bahasa Arab Modern (selanjutnya disingkat BAM), kita memiliki dialek standar (atau resmi). Tapi setiap wilayah Dunia Arab masing-masing mempunyai dialek sendiri, yang perbedaannya sampai pada tahap satu sama lain tidak bisa saling memahami.

Dalam Bahasa Arab klasik (selanjutnya disingkat BAK) juga terjadi perpecahan (baca: perbedaan dialek) yang sama. Setiap suku Arab purba mempunyai perbedaan dalam ejaan, dalam gaya bahasa, dan juga dalam tatabahasa. Selama berabad-abad, perbedaan itu diresmikan menjadi cabang-cabang, sehingga pada puncak peradaban Arab (sekitar abad 8-10 M) cabang Basrah dan Kuffah muncul mendominasi pemikiran tentang tatabahasa Arab.

Di sini kita mempelajari BAK yang diajarkan oleh para pakar Basrah (= BAK aliran Basrah). Namun, harap dicatat bahwa tidak semua pakar yang kami andalkan berasal dari Basrah, dan tidak semua peraturan tatabahasa (yang diajarkan di sini) mengacu pada ‘aliran Basrah’, tapi hanya sebagian besar.

Pendekatan yang kita gunakan

Di bawah ini adalah daftar ilmu yang berkaitan dengan kajian BAK.

  1.  Fonologi – mencakup kajian tentang bacaan, tulisan, dan ejaan.
  2.  Morfologi – mencakup kajian morfologi dan etimologi.
  3.  Tatabahasa Bahasa Arab – mencakup kajian perubahan kata secara tatabahasa dan semua hal yang berkenaan dengan tatabahasa.
  4.  Kosakata Bahasa Arab – kajian khusus kosakata.
  5.  Pustaka – latihan penerapan teori dan mempelajari gaya bahasa Bahasa Arab.
  6.  Retorika – seni berbahasa (sastra), kiat-kiat sastra, puisi, dst.

Program Learn Arabic Online menyediakan bimbingan rinci untuk setiap langkah kajian (kecuali kepustakaan, bahan bacaan). Bimbingan dimulai dari peloajaran sangat dasar sampai pada yang paling tinggi. Semua cukup memuaskan dan mudah diikuti.

Program Learn Arabic Online tidak mencakup bahan bacaan. (Padahal) bahan bacaan ini mutlak dibutuhkan karena berguna bagi para pelajar untuk melatih perubahan kata kerja, ketrampilan menerjemahkan, mempelajari ungkapan-ungkapan idiomatik, berlatih membaca bahasa Arab dengan atau tanpa harakat di hadapan guru, dan banyak lagi. Ini sangat penting, namun tidak bisa disertakan dalam bimbingan (tutorial), karena untuk itu para pelajar harus berhadapan langsung dengan guru yang benar-benar ahli di tempat kurus yang mapan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: