Dua Fanani Dan Dua Agus

Saya punya dua sobat bernama Fanani, dua-duanya teman ngaji. Yang satu tinggal di Kotabatu, Malang,  Jawa Timur, yang lainnya tinggal di Jakarta. Yang satu pengajar (ustadz), yang lain pelajar. Suatu hari Fanani yang di Jawa Timur mendapat SMS berbunyi begini: Mas, kok belum datang sih? Masih di jalan ya?

Dia menjawab, “Lho, ini saya sudah datang duluan dari tadi. Para peserta malah belum ada yang datang nih!”

Selanjutnya terjadilah dialog lewat SMS.

“Kok bisa begitu? Ini saya dah datang. Teman-teman yang lain juga dah datang. Tinggal nungguin Mas Fanani aja!”

“Waduh, gimana sih? Wong saya baru datang sendirian begini…”

“Emangnya Mas Fanani datangnya ke rumah siapa?  Malam ini kita ngaji di rumah Pak Agus lho!”

“Lah iya! Ini saya di rumah Pak Agus!”

“Aneh. Kok kita ga ketemu?  Emang rumah Pak Agus ada berapa?”

“Setahu saya rumahnya cuma satu ini.”

“Mas Fanani bercanda ya? Hari ini ga bisa datang ya Mas?”

“Wah, kamu yang bercanda ‘kali! Wong saya sudah di rumah Pak Agus gini kok!”

“Rumah Pak Agus yang Velbak kan? Jakarta Selatan?”

“Velbak? Jakarta Selatan? Ini saya di rumah Pak Agus yang di Malang!”

“Di Malang?  Ya Allah! Kalo gitu saya salah. Kirain ini Mas Fanani yang di Jakarta.  Maaf, Mas. Saya salah kirim SMS.”

(Ada satu hal lagi yang membuat kisah ini tambah ‘seru’. Teman-teman di Velbak biasa berkumpul di rumah Pak Agus, dan teman-teman di Malang juga rupanya mengaji di rumah teman yang bernama Agus pula!).

Leave a Reply

