Da’wah Al-Qurãn

Da’wah Al-Qurãn dapat digambarkan dalam ungkapan “SIAPA(1) menyampaikan APA dengan cara BAGAIMANA kepada SIAPA (2) dengan TUJUAN apa?”

 Jelasnya adalah sebagai berikut:

  1.  Siapa 1, adalah pokok pembahasan tentang para pelaku da’wah (الداعى). Jadi, siapa di sini bermakna majemuk, bukan hanya untuk satu orang. Lebih tegasnya lagi, siapa di sini digunakan untuk menyebut pribadi-pribadi (setiap orang) yang tergabung dalam suatu struktur atau sistem yang menjalankan proses da’wah.

  2.  Apa, adalah pokok pembahasan tentang bahan (materi) yang disampaikan, yang sudah disusun sedemikian rupa demi memenuhi kebutuhan setiap tingkatan sasaran da’wah (المدعو), sebagai persiapan demi membentuk kemampuan mereka untuk membaca Al-Quran sesuai harapan Allah, yakni membaca dengan sebenar-benarnya membaca, yaitu untuk membangun iman.

3.  Bagaimana, adalah pokok pembahasan tentang kiat atau teknik penyampaian bahan. Titikberatnya adalah pada ketrampilan da’i dalam menyajikan bahan sesuai dengan daya tangggap mad’u yang dihadapinya.

 4.  Siapa 2, adalah pokok pembahasan tentang sasaran da’wah, yakni pengenalan (identifikasi) kelas-kelas atau kelompok-kelompok mad’u, dengan titikberat pengenalan pada tingkat minat (الحبّ), daya tanggap (العقل), dan pengaruh-pengaruh (العلم) yang sudah mengendap, sehingga menjadi alat mereka dalam memandang dan menilai sesuatu.

5.  Tujuan, adalah pokok pembahasan tentang tujuan-tujuan da’wah secara sistematis  (bertahap) dan pragmatis (sesuai kebutuhan yang mendesak), dengan catatan bahwa tujuan akhirnya adalah menjadikan Al-Qurمn sebagai pedoman hidup.

            Intinya da’wah Al-Qurãn bukanlah sebuah kegiatan yang bisa dilakukan secara bebas dan seenaknya oleh setiap orang yang menghendaki. Sebaliknya, da’wah Al-Qurãn adalah sebuah kegiatan yang terencana, ada prosedurnya, ada sistemnya, dan ada organisasinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: