Kuliah Kilat Tatabahasa Al-Qurãn

Hari ini, saya ke Malang lagi. Tepatnya ke Kota Batu, yang terkenal sebagai salah satu kota wisata di Malang, Jawa Timur. Sehubungan dengan sebutan sebagai kota wisata itu, dan jumlah pengunjung yang tak pernah sepi, ada teman menyebut Kota Batu sebagai kota “tempat orang buang duit”. Nah, berkenaan dengan perkataan teman itulah, kepada seorang teman yang memiliki restoran di sana, saya mengatakan, “Kalau kota ini menjadi tempat orang buang duit, salah satu penampungnya adalah kamu!”

“Yaaa getu dech!” kata teman saya yang masih muda itu sambil tertawa. “Al-hamdu lillah. Hasil tampungan itu tidak akan saya makan sendiri!” tambahnya.

Saya percaya. Soalnya, teman-teman saya di Kota Batu adalah orang-orang pengajian semua. Maksud saya, percuma lah ngaji kalau masih mau ‘makan’ duit sendirian!

Tujuan saya kali ini agak berbeda dari kunjungan-kunjungan rutin saya selama ini. Kali ini, saya menemani tiga orang pemuda yang akan bergabung

Pak Abdul-Haq, gagal jadi kiai karena ikut pengajian Al-Qur'an MSR, tapi beliau tidak menyesal.

dengan belasan orang lain yang datang ke Kota Batu, untuk bersama-sama menerima ‘kuliah kilat’ (4 hari) tatabahasa Al-Qurãn, yang dihidangkan Pak Abdul Haqq, dari Sukabumi.

Ya. Semula memang kami akan belajar di Sukabumi. Tapi, karena masalah akomodasi, Pak Ihaq, begitu teman-teman di Sukabumi biasa memanggil, memutuskan agar kami belajar di Kota Batu saja, yang fasilitas akomodasinya sudah cukup tersedia.

Lalu, siapa gerangan Pak Ihaq itu?

Beliau sudah sepuh (sangat tua). Saya belum tahu persis berapa usia beliau. Yang jelas, beliau sudah sering sakit-sakitan. Karena itulah, semula kami berpikir untuk ‘menjemput bola’, dengan mendatangi beliau di kampung halaman beliau sendiri, Sukabumi (tepatnya Cibadak). Tapi, karena pemilik ‘bola’-nya sendiri meminta kami ngumpul di Kota Batu, yah sudah, kami menurut saja.

Menurut cerita teman-teman, Pak Ihaq adalah salah satu pakar tatabahasa berlatar belakang pesantren yang ada di Sukabumi. Entah sejak kapan beliau bergabung dengan Pengajian Al-Qurãn Menurut Sunnah Rasul. Yang jelas, beliau bergabung justru karena keahliannya di bidang bahasa. Hal ini menjadi ‘istimewa’, karena ada pihak-pihak tertentu yang suka menuduh bahwa orang-orang pengajian tersebut tidak memahami Bahasa Arab. Artinya, ada pihak-pihak tertentu yang menganggap pengajian tersebut punya beberapa kelemahan, dan salah satu kelemahannya itu adalah “tidak menguasai Bahasa Arab”. Lho, bagaimana anggapan itu bisa dibenarkan, bila ternyata ada pakar Bahasa Arab yang bergabung? Dan, harap diketahui, bahwa Pak Ihaq hanyalah salah seorang dari mereka yang berkualitas sama dalam hal pengetahuan Bahasa Arab.

Akan direkam

Para peserta ‘kuliah kilat’ ini adalah para kader yang diharapkan kelak mereka bisa menyalurkan ilmu kepada teman-teman yang berminat mempelajari tatabahasa Al-Qurãn, dalam rangka penyebaran da’wah Al-Qurãn demi pencerahan pandangan hidup bangsa.

Bila tak ada aral melintang, ‘kursus kilat’ yang kami selanggarakan di Kota Batu ini akan kami videokan, dan hasil rekamannya nanti agan diperbanyak dengan CD/DVD, yang tentu bisa digunakan oleh siapa pun yang berminat.

Sehubungan dengan itu, kepada para pembaca yang berminat, dipersilakan mendaftarkan nama dan alamat anda, supaya kami bisa menyediakan rekaman sesuai dengan kebutuhan.

Dan bagi anda yang inin menyumbangkan dananya, dipersilakan untuk mengirimkannya ke rekening majalah Kalisa.

Comments
35 Responses to “Kuliah Kilat Tatabahasa Al-Qurãn”
  1. Bang berapa Mahar CD/DVDnya? ngirimnya kemana?

  2. Rika Adinda says:

    Saya minat ya pak… 🙂

  3. didah says:

    Saya berminat pak, Insya Allah nanti akan saya transfer uangnya sekalian sama buat majalah Kalisa.
    Kok saya gak kenal sama pak Abdul Haqq ya? padahal sama2 dari kota Sukabumi, duh….sedihnya diri ini! mdh2an lewat media ini ilmunya bisa sampai ke saya.

  4. Ahmad Haes says:

    Belum ketahuan berapa jumlah cd/dvd-nya. Yg diminta hanya pengganti harga cd/dvd dan ongkos kirim. Tp bila anda mengirim lebih, dana anda akan disalurkan ke majalah Kalisa. Tunggu kabar beberapa hari lagi.

  5. Ahmad Haes says:

    Kalau ga kenal, wajar. Beliau bukan selebritis, he he.

  6. budi santoso says:

    Pak haes, sy juga mau banget nih, gmn caranya?

  7. Ahmad Haes says:

    Hasil rekaman sedang diconversi. Kalau sudah selesai, nanti diberi tahu.

  8. didah says:

    Oke deh, sy tunggu info selanjutnya….

  9. m2y says:

    Pa..Pa Abdul Haq pensiunan guru SMPN 1 Cibadak?..sy alumni nya…slm buat beliau..

  10. sutrisno says:

    pak, inget saya ga? yg pernah dapat materi bapak di caman. ya ga papa kalau ga inget. tapi saya minat tuh pak cd/dvdnya. mampir di blog ya pak dan mohon dikritisi bagaimana saya membaca Al Quran.

  11. Ahmad Haes says:

    Sutrisno yg ganteng dan kalem (dan alim pula!), gimana saya ga ingat? Apa kabar sobat? Soal cd/dvd, nanti saya kabari. Saya blm ketemu dg org yg saya tugasi mengkonversinya dri hsil rekaman kamera ke file yg bisa dibaca cd/dvd player. InsyaAllah, saya segera berkunjung ke blog anda!

  12. Mirwan says:

    Saya juga dong mau…

  13. Mirwan says:

    Sekalian aja pak, dvd kan pengantar iman / pengantar rattil

  14. deden says:

    Pak saya pesan

  15. Ahmad Haes says:

    Oke!

  16. rasyid sidiq says:

    saya juga pesan ya pak….

  17. mshasan says:

    Pak Ihaq itu temen ngaji saya waktu di Pak Kamil Natsir Alm.

  18. budi santoso says:

    Pak haes, sy dulu pernah ikut belajar materi pengantar iman awal tahun ’80 di surAbay, yg ngajar fanani dr yogya, stl selesai kuliah sy kerja, skrg sy sdh balik ke indo lg, sy ingin ngumpul lg, gmn caranya?

  19. Ahmad Haes says:

    Anda tingggal di mana Fanani sekarang tinggal di Kota Batu, Malang. Dia masih aktif mengajar.

  20. budi santoso says:

    Sy tinggal di cinere, waktu itu yg ngenalin group ngaji di sby adl ajib, waktu itu kuliah di its.

  21. Ahmad Haes says:

    Di Velbak, Kebayoran Lama, ada pertemuan 2 mingguan, diadakan setiap Jum’at malam Sabtu. Kl anda berminat silakan datang. Berikan nomor hp. Nanti kami undang lewat SMS.

  22. budi santoso says:

    bisa minta e-mail address utk kirim no hp saya.

  23. irma says:

    saya juga tertarik pak… masih inget saya…?
    pernah ikut pengajian bareng2 sama rika dan andri,

  24. Ahmad Haes says:

    Saya tak pernah lupakan kamu. Apalagi Rika dan Roby, karena mereka masih ikut.

  25. irma says:

    Saya tetap berkomitmen untuk memberikan kontribusi dalam hal distribusi pendapatan yang adil, karena itu saya sekarang sedang mengambil S2 konsentrasi Ekonomi Syariah, dan berencana membuat project sehubungan dengan distribusi pendapatan yang adil tsb. Saya akan perlu input dari Bapak terutama tentang sumber2 landasan ilmunya, kalau Bapak tidak berkeberatan

  26. Ahmad Haes says:

    Itu sangat berkaitan dengan politik ekonomi…

  27. irma says:

    iya pak, saya mengerti, saya akan mulai dari sisi yang lebih mikro tapi bisa memberikan dampak distribusi penghasilan yang lebih sustainbale dan adil

  28. Ahmad Haes says:

    Anda sedang berjuang berdasar hati nurani. Tapi yang diminta Allah adalah berjuang berdasar perintahNya (wa bi-dzalika umirtu – doa iftitah). Mari pastikan di mana posisi/peran kita dalam perjuangan menegakkan ajaranNya, supaya hidup kita tidak sia-sia.

  29. irma says:

    terima kasih pak masukannya, oleh sebab itu saya perlu ketemu Bapak untuk membahas lebih rinci mengenai rencana saya ini

  30. s1n6a says:

    Bagaimana caranya saya bisa berlangganan Majalah Kalisa dan Bagaimana cara membeli VCD yang andda maksud?

    Terimkasih

  31. andi says:

    saya ikut antrian mau pesan DVD / CD nya.

    Jazakallah.

  32. Ahmad Haes says:

    Oke nama anda kami catat. Nanti kami umumnya batas akhir pemesanan dan pengirimannya ya?

  33. ahmad daras says:

    pak dimana bagaimana cara mendapatkan dvd nya pak?..kalau boleh tau dimana bisa bertemu pak ihaq? ada alamtnya?…thx.

  34. Ahmad Haes says:

    DVDnya sudah habis. Pak Ihaq tinggal di Sukabumi. Beiau sudah sangat tua.

Leave a Reply

