Sopir Yang Pintar

Setelah mengajukan teorinya yang terkenal, Albert Einstein melakukan perjalanan ke berbagai universitas di Amerika, untuk menyampaikan kuliah di setiap tempat yang ia kunjungi. Ia selalu ditemani sopirnya yang setia, Harry, yang selalu mengikuti kuliah-kuliahnya meskipun duduk di barisan paling belakang!

Pada suatu hari, setelah Einstein mengakhiri kuliahnya dan meninggalkan auditorium, emnuju kendaraannya, Harry menyambutnya dan kemudian mengatakan, “Profesor Einstein, saya telah menyimak kuliah anda tentang Relativitas begitu sering, sehingga bila saya diberi kesempatan, saya bisa menyampaikan kuliah yang sama secara sempurna.”

“Bagus sekali,” sahut Einstein. “Aku mau pergi ke Dartmouth minggu depan. Orang-orang di sana tak ada yang mengenalku. Kamu bisa memberikan kuliah sebagai Einstein, dan aku akan menggantikanmu sebagai Harry!”

Maka, begitulah yang terjadi. Harry menyampaikan kuliah dengan sempurna, tanpa ada satu kata pun yang keluar jalur, sementara Einstein duduk di barisan belakang berpura-pura sebagai sopir, dan menikmati tidur sebentar.

Namun, persis ketika Harry menuruni podium, salah seorang asisten peneliti mencegatnya, dan kemudian bertanya tentang teori relativitas… pertanyaannya bahkan melibatkan banyak kalkulasi dan lambang-lambang yang rumit. Harry menjawab pertanyaan sang asisten dengan mengatakan, “Jawaban untuk pertanyaan ini mudah sekali! Bahkan begitu mudahnya, sehingga saya akan biarkan sopir saya untuk menjawabnya!” ***

(Humor ini sangat terkenal, namun penulisnya tidak diketahui)

Comments
One Response to “Sopir Yang Pintar”
  1. asuransioke says:

    as wr wb, salam kenal pak. bagus artikelnya sempat saya bertanya ttg kenapa einsten sbg supir tahu-tahunya emang bener einsten yg asli yang menjawab teori relativitas yang terkenal itu, nice post dan kren pak

Leave a Reply

