Jangan Lama-lama Menyimpan Makanan!

Bila tomat sudah dalam keadaan seperti ini, sebaiknya dibuang semua. Jangan hanya dibuang separuh, dan sisanya digunakan.

Kapankah boleh menikmati dan kapan seharusnya membuang makanan-makanan yang meragukan seperti keju berjamur dan lain-lain? Amankah bila kita mengiris bagian keju, buah, dan yogurt yang berjamur, lalu memakan sisanya?

Keju yang keras (cheddar, Parmesan, Swiss) memang aman dimakan setelah bagian luarnya yang berjamur diiris sekitar 1 inci. Tapi hati-hatilah dengan bintik-bintik berbulu dan berwarna aneh pada keju lunak (goat, cottage), makanan-makanan lain dan yogurt. Jamur menyebar dengan cepat pada makanan-makanan ini karena lembab. Karena itu, lebih baik dibuang seluruhnya. Demikian nasihat Christine Bruhn, Ph.D, direktur Center for Consumer Research di Universitas California. Bagaimana bila memakan jamur “jahat” secara tak sengaja (tidak tahu)? Rasanya saja sudah cukup mengingatkan anda untuk membuangnya, sebelum anda memakan cukup banyak dan menjadi sakit.

Benarkah ayam sudah matang bila berubah putih?

Tidak secepat itu. Unggas dan daging berwarna jambon (pink) mungkin sudah matang, pada saat daging sapi yang coklat dan ayam yang putih mungkin masih mentah. “Warna dan tekstur tidak bisa diandalkan untuk memastikan bakteri berbahaya seperti E.coli dan salmonela, yang bisa menimbulkan semacam gejala flu, sudah dimusnahkan,” kata Tina Hanes, R.D., spesialis informasi teknis di USDA Food Safety and Inspection Service. “Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti adalah menggunakan termometer daging.” Untuk membunuh kutu-kutu berbahaya, masaklah unggas dengan panas 165 derajat, daging dengan suhu 160 derajat, serta steak dan daging panggang dengan panas 145 derajat.

Bagaimana dengan sika makanan yang disimpan dalam pendingin selama beberapa hari, yang baunya masih enak? Lemparkan atau coba?

Bakteri hidup dalam suhu di atas 40 derajat. Pastika bahwa pendingin anda tidak lebih hangat dari itu. Tapi, walau didinginkan dengan baik, makanan yang dibiarkan terlalu lama pasti rusak. Ingat, sisa makanan, termasuk makanan dari luar atau buatan rumah, telah tersimpan dalam udara bersuhu di atas 40 derajat. Bila warna dan baunya sudah berubah, meski baru disimpan sehari, buanglah. Tapi ingat pula bahwa kebanyakan bakteri berbahaya tidak menimbulkan bau atau menampakkan perubahan warna. Karena itu, jangan menyimpan makanan selama beberapa hari. ***

Comments
5 Responses to “Jangan Lama-lama Menyimpan Makanan!”
  1. didah says:

    Di rumah semuanya penggemar keju, saya sendiri klo bikin makanan / aneka kue suka bgt pake keju sbg campuran adonannya / taburan penghias kue, apalagi keju tua dibikin kastengels hmm…..mantap bgt! klo udah makan kastengels susah nyetopnya deh…. Selama ini saya suka ragu, dg berbagai pendapat orang ttg keju yg mana keju itu katanya haram.
    Saya mau bertanya bang, bagaimana caranya agar saya bs mendapatkan keju yg halalan thayyiban?

  2. Ahmad Haes says:

    Tulisan tentang keju banyak sekali di internet. Di antaranya coba lihat alamat ini:
    http://cheezymilky.blogspot.com/2007/05/keju-halal-yang-lezat.html

  3. didah says:

    Sip! Makasih infonya bang, mdh2an dg melihat logo HALAL bs memantapkan hati saya utk terus bisa menkonsumsi keju jg tetap memproduksi aneka kue / makanan yg berbahan dasar keju..
    Selama ini yang saya pake buat kastengel / kue2 kering lainnya adalah keju edam, haduh! ada logo halalnya gak ya….???

  4. Ahmad Haes says:

    Wah, baru tau tuh ada keju e d a n , he he…
    Lebih jauh tentang keju, baca juga tulisan berjudul KEJU DAN KELAPA blog ini.

  5. nuhungusti says:

    saya sih sukanya keju juran {^_^}

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: