Asas-asas Peradaban

I. Pengertian istilah peradaban

Bagi anda yang kurang memahami istilah “peradaban” (atau sering juga kita sebut sebagai “kebudayaan”), maka camkanlah bahwa istilah ini pada hakikatnya semakna dengan hidup atau kehidupan manusia secara luas. Bagi para Muslim, camkan juga bahwa istilah peradaban ini pada dasarnya semakna dengan istilah îmãn (إيمان); khususnya bila mengacu pada sejumlah hadis yang menegaskan bahwa istilah îmãn mencakup tiga segi kehidupan manusia, yaitu (a) pikirannya, (b) ucapannya, dan (c) perbuatannya. Dengan kata lain, bila kita menyebut hidup atau kehidupan manusia, maka hakikatnya yang dimaksud adalah kegiatan manusia dalam berpikir, bertutur, dan berbuat (dalam arti berperilaku dan berkarya). Begitu juga ketika kita menyebut kebudayaan atau peradaban manusia; yang dimaksud adalah pemikiran, ucapan, dan perbuatan (perilaku dan karya) manusia.

II. Asas-asas peradaban

Peradaban manusia pada hakikatnya terbentuk karena asas-asas di bawah ini.

1.       Konsep. Konsep atau ide, atau gagasan, atau ilmu dan lain sebagainya, adalah inti dari sebuah peradaban.

2.       Pelaku. Konsep, tak peduli baik atau buruk, benar atau salah, bisa tegak dan muncul sebagai sebentuk peradaban karena ada (para) pelaku atau pendukungnya. Bila tidak, konsep hanya tinggal konsep. Mungkin hanya bisa lestari dalam bentuk tulisan di buku-buku dan berbagai media perekam yang lain.

3.       Waktu dan tempat. Waktu dan tempat adalah sarana yang diperebutkan manusia untuk menegakkan sebuah konsep. Di sini berlaku prinsip yang disamarkan Darwin menjadi teori evolusi fisik: survival for the fittests; yaitu bertahan hidup atau lestarinya individu-individu, kelompok-kelompok, bangsa-bangsa yang paling tangguh menghadapi tantangan hidup, dalam arti eksistensi peradaban yang diperjuangkan.

4.       Prosedur. Setiap konsep pastilah memiliki prosedur atau tatacara pelaksanaan yang harus dioperasikan secara disiplin oleh para pelakunya. Bila tidak, peradaban yang dibangun tidak akan bisa mencapai puncak.

5.       Proses. Proses yang dimaksud di sini adalah tahapan-tahapan yang harus ditempuh dan dilakukan oleh para pelaku dalam menuangkan konsep berdasar prosedur.

Advertisements
Comments
One Response to “Asas-asas Peradaban”
  1. caknan says:

    konsep ada dan dilindungi lagi oleh Allah, pelaku banyak waktu dan tempat saya kira juga gak kurang kenapa umat islam masih kayak gini ya pak ?
    untuk presedur juga gak kalah banyaknya kiyai dan pesantren di negeri ini di tambah lagi ustad kondang kita .yang mengajarkan cara hidup berkonsep Al Qu,ran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: