Hari Ini Mesir Meledak (?)

Jutaan Orang Murka Mendengar Mubarak Tak Mau Mundur

Presiden Mesir, Husni Mubarak, menantang rakyatnya tadi malam. Ia menegaskan dirinya tak akan mundur.

Meski ratusan ribu orang membanjiri Lapangan Kemerdekaan mengharapkan pria berusia 82 tahun itu membuka jalan untuk pemerintahan peralihan, ia menegaskan bahwa dirinya bertekad untuk tetap memegang kekuasaan sampai pemilu bulan September.

Dalam pidato televisi selama 18 menit, ia mengatakan bahwa dirinya ingin terus bertugas untuk menyaksikan ‘peralihan kekuasaan yang damai’ dan ‘memenuhi apa yang telah saya janjikan’.

Massa yang marah mencemooh sang presiden dan melambai-lambaikan sepatu di tangan sebagai tanda penghinaan ketika telah nyata bahwa Mubarak tak sudi memenuhi tuntutan mereka untuk mengakhiri kekuasaannya yang sudah berlangsung 30 tahun. Mubarak malah memuji para ‘syahid’ (martyr) muda yang txerbunuh dalam aksi protes baru-baru ini dan mengatakan bahwa mereka akan mendapatkan ‘keadilan’.

Ia berikrar untuk membentuk panitia pelicin jalan menuju perubahan konstisional dan menyerahkan kekuasaan kepada wakilnya. Tapi ia menolak membuka jalan bagi tuntutan utama para pemrotesnya selama 17 hari ini, yang memintanya segera turun tahta.

Massa yang murka mengalunkan teriakan ‘Keluar! Keluar!’ dan ‘Pergi, pergi diktator’.

Tapi Mubarak mengatakan bahwa ia tak akan tunduk pada ‘intervensi-intervensi asing’, seraya menambahkan: “Saya menyatakan sebuah komitmen untuk menjalankan dan melindungi undang-undang dan rakyat, dan memberikan kekuasaan kepada siapa pun yang terpilih pada bulan September dalam pemilu yang bebas dan terbuka.”

‘As president I don’t see anything wrong to hear the youth of my country and to respond to their demands but I will not accept at all any diktats by foreign countries.’

Katanya pula, “Saya telah memaklumkan komitmen saya untuk secara damai menyerahkan kekuasaan setelah pemilu nanti. Saya akan menyerahkan Mesir dan rakyatnya kepada kedamaian.”

Pernyataan itu adalah ulangan dari perkataannya pada tanggal 1 Februari lalu.

Hal itu bukan hanya mengejutkan warga Mesir. Hanya beberapa menit sebelum Mubarak bicara pada pukul 10.45 waktu setempat, Presiden Obama mengatakan,  “Kita sedang menyaksikan terbukanya lembaran sejarah. Ini adalah saat peralihan.”

Namun peralihan itu tidak terjadi. Atau, setidaknya, belum terjadi.

Pidato Mubarak dijamin bakal menimbulkan demo besar-besaran lagi hari ini, setelah shalat Jum’at.

Keadaannya sungguh sangat berbeda dengan apa yang diharapkan beberapa jam sebelum ia bicara.

Setelah melakukan protes selama 17 hari, dan berhimpun di Lapangan Kemerdekaan,  rakyat Mesir berharap bahwa tuntutan mereka akan terpenuhi.

Mereka adalah satu generasi yang letih karena presiden yang korup, penderitaan yang ditimbulkannya, polisi rahasia yang mengawalnya, dan pemilu-pemilu yang rumit. Tiga ratus kawan mereka, beberapa di antara mereka adalah remaja, telah gugur dalam protes demi tegaknya Mesir baru yang mereka idamkan.

Perubahan nampak pasti bakal terjadi ketika di ambang malam itu komandan militer Kairo, jenderal Hassan Roweny, mengatakan, “Segala yang anda kehendaki akan terwujud.”

Tapi pidato Mubarak itu sekarang menimbulkan kebingungan tentang di mana posisi tentara. (Kepada siapa mereka berpihak?).

Malam sebelumnya, Mohamed ElBaradei, pemenang hadiah Nobel dan inpektur pengawas senjata PBB, yang memimpin gerakan politik liberal, menulis di Twitter: “Mesir akan meledak. Tentara harus menyelamatkan negara ini. Sekarang!”

Sharif, seorang insinyur, mengatakan kepada penulis naskah ini, “Rakyat mengharapkan sesuatu, tapi tidak mendapatkan apa pun. Kemarahan membesar. Besok (hari ini, Jum’at 11 Februari 2011) akan menjadi hari yang panas.”

Tentu (bila mereka benar) akan menjadi hari yang penuh bahaya pula.

(Richard Pendlebury, MailOnline.co.uk)
di-update pada pukul 1:08 pagi,  11th February 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: