Kebenaran Adalah Hak Hidup Anda!

Setiap orang dilahirkan dalam lingkungan keagamaan yang bukan hasil pilihannya sendiri. Sejak masa paling awal sejarahnya di bumi ini, manusia (secara otomatis) dihadapkan kepada agama keluarga atau ideologi negara. Pada saat setiap orang mencapai usia belasan, biasanya mereka menerima kepercayaan orangtua atau masyarakat lingkungan mereka sendiri.

Namun, ketika sejumlah orang menjadi matang dan dihadapkan kepada kepercayaan-kepercayaan dan ideologi lain, mereka mulai mempertanyakan keabsahan kepercayaan mereka sendiri. Bahkan, para pencari kebenaran sering sampai pada titik kebingungan ketika menyadari bahwa setiap penganut agama, mazhab, ideologi dan filosofi semua menyatakan bahwa yang mereka anut adalah satu-satunya agama dan ideologi yang benar.

Dalam hal itu, hanya ada tiga kemungkinan. Pertama, mereka semua benar. Kedua, mereka semua salah. Ketiga, salah satu di antara mereka benar, dan selainnya salah.

Mereka tidak bisa benar semua, karena semua agama masing-masing mempunyai asas yang berbeda. Lebih jauh, kebanyakan orang menyatakan hanya mereka sendiri yang benar, sedangkan yang lain semua salah. Di lain pihak, menyatakan mereka semua salah berarti mengingkari bahwa Tuhan mengungkapkan (mewahyukan) kehendakNya kepada manusia. Pemikiran ini janggal bagi mereka yang mempercayai adanya Sang Pencipta Yang Bijaksana.

Jadi, agama mana yang benar, dan bagaimana para pencari kebenaran bisa mengetahuinya? Inilah masalah yang dibahas dalam buku kecil yang sedang anda pegang.

Sebagai langkah awal untuk mengetahui agama mana yang benar, ada empat hal yang harus dijaga dalam ingatan:

Pertama, Tuhan memberi kita kemampuan dan daya intelektual (kecerdasan) untuk membuat keputusan genting: Apakah gerangan agama yang benar itu?

Kedua, Tuhan, Yang Mahapenyayang, tidak membiarkan kita tersesat karena tiadanya petunjuk. Dia telah mengutus kepada kita para Nabi dan Kitab-kitab untuk memberi tahu kita jalan yang benar.

Ketiga, pencarian agama yang benar hendaknya menjadi hal terpenting dalam hidup manusia, karena kehidupannya di masa yang akan datang sangat tergantung pada hal itu.

Keempat, seseorang hanya bisa memastikan jalan hidup yang benar dan mengambil keputusan yang rasional dan jitu bila emosi dan prasangka, yang sering membutakan, disingkirkan.

*** Dari Islam Is Your Birthright bagian pendahuluan

Comments
3 Responses to “Kebenaran Adalah Hak Hidup Anda!”
  1. nuhungusti says:

    agama memang tidak sempurna tapi itu semua karena manusia yang tidak sempurna.
    trus ada bang istilah agama langit dan agama non-langit bang,saya bingung juga dengan istilah ini,pandangan abang tentang istilah ini apa bang ?

  2. Ahmad Haes says:

    Kenapa bingung? Istilah2 itu kan ada yang menggunakan. Pahami jalan pikiran mereka. Setelah itu, mau menerima atau menolak, terserah.

  3. Wow! Thank you! I continuously wanted to write on my blog something like that. Can I take a part of your post to my site?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: