Rabbi Israel Mengharamkan Wanita Mengemudi

Rabbi Avraham Josef

TEL AVIV – Seorang rabbi (pendeta) Israel mengeluarkan fatwa yang menyatakan larangan mengemudi maupun belajar mengemudi bagi para wanita Israel.

Rabbi yang berpengaruh itu, Avraham Yosef, mengatakan bahwa wanita tidak boleh duduk di belakang kemudi mobil, kecuali bila dalam keadaan benar-benar dibutuhkan (darurat).

Dengan fatwanya ini, para wanita tidak lagi diperbolehkan mengemudi di daerah-daerah yang dihuni oleh kaum Yahudi ultra-orthodox (secara negatif berarti: amat sangat kolot).

Avraham Yosef adalah rabbi yang bertugas di kota Holon.

Ia menetapkan  keputusannya dengan mengatakan bahwa mengemudi bagi wanita tidak mencerminkan kesopanan, terutama di kota-kota yang dihuni masyarakat relijius.

Sebelum ini, rabbi yang lainnya, Shmuel Halevi, juga mengeluarkan larangan yang sama, dengan mengatakan bahwa tampilan wanita yang ‘merangsang’ mengundang perhatian para sopir pria, sehingga mengakibatkan berbagai kecelakaan.

Seorang pria Kanada bernama John A. Clark, mengomentari berita ini dengan mengatakan, “Saya tidak bisa peercaya berita ini; benarkah ini? Saya sudah mengemudi selama 43 tahun dan saya tidak pernah terganggu oleh seorang wanita; baik ketika ia mengemudi (karena saya tidak melihat pengemudi sebagai wanita atau pria, tapi sebagai seorang manusia) maupun ketika ia sedang melenggang di jalan ketika ketika saya melihatnya sebagai wanita).∆

 

(Sumber: middle east online)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: