Da’wah Lewat Internet Di Brasil

Al-Sadiq Al-Othmani (Ash-Shadiqul-Utsmani)

(Ini bukan berita baru. Tapi perhatikan esensinya!).

Di negara yang luas seperti Brasil, internet tampil sebagai alat yang sangat berdaya guna untuk menyebarkan pesan Islam. Demikian dikatakan seorang sarjana Muslim di Amerika Selatan. “Internet merupakan alat da’wah yang sangat ampuh pada masa sekarang,” kata Al-Sadiq Al-Othmani (Ash-Shadiqul-Utsmani), ketua Islamic Affairs Departement di Center of Islamic Da’wah di Amerika Latin kepada IslamOnline.net melalui telepon.

“Karena itulah saya mendorong para sarjana (ulama) untuk menyebarkan da’wah kepada masyarakat yang lebih luas melalui internet, terutama di negara yang begitu luas (seperti Brasil dan lain-lain).”

Othmani, orang Maroko yang telah menetap di Brasil selama tujuh tahun, percaya bahwa internet bisa sangat bermanfaat dalam menyampaikan da’wah Islam di Brasil.

“Para da’i  di sini, kebanyakan sukarelawan, biasanya membutuhkan waktu tiga jam untuk mencapai sebuah masjid di kota mereka untuk menyampaikan sebuah khutbah. Bila masjidnya terletak di kota lain, mereka kadang membutuhkan waktu 12 jam untuk sampai di tempat tujuan,” katanya.

Othmani yang merupakan imam terkenal di Sao Paula, menuturkan pengalamannya sendiri. “Pada tahun 2007, saya menyampaikan da’wah tentang Islam dan pembebasan budak di sebuah masjid di Sao Paulo, dan itu rupanya menarik bagi para pendengar yang jumlahnya hanya sedikit. Usai saya berceramah, sejumlah hadirin meminta saya untuk menerjemahkan ceramah tersebut dan menyebarkannya melalui internet. Saya melakukan hal itu.”

Ceramahnya itu dimasukkan ke sebuah website milik seorang pemuda Muslim yang sengaja membuat website untuk memperkenalkan Islam kepada orang-orang Brasil.

“Kami benar-benar terkejut. Dalam waktu seminggu saja, ceramah itu sudah dikunjungi (dibaca) 800.000 orang!” tutur Othmani.

“Kami juga menerima aliran surat dan e-mail dari banyak orang yang meminta penjelasan lebih jauh tentang Islam, dan banyak di antara mereka kemudian masuk Islam.”

Othmani sendiri akhirnya terjun ke dalam kegiatan da’wah lewat online dan membuat sebuah majalan online untuk memperkenalkan Islam kepada orang-orang Amerika Latin.

Hingga sekarang majalah tersebut dikunjungi sekitar 5.000 orang per minggu,” katanya.

Brasil yang toleran

Othmani percaya bahwa penyebaran da’wah Islam di negara yang toleran seperti Brasil akan sangat efektif.

“Brasil adalah tanah tempat berbagai etnis, budaya dan agama,” katanya pula.

“Suasana toleransi agama merupakan pendukung bagi tumbuhnya keanekaragaman itu.”

Menurut Othmani kaum Muslim di Brasil menikmati suasana toleransi tersebut. Mereka bebas untuk beribadah dan membangun masjid.

“Di Brasil ada hampir 120 masjid, di samping banyak Islamic center organisasi dan kelompok-kelompok penghimpun dana da’wah.”

Di Sao Paulo sendiri ada sepuluh masjid, termasuk masjid pertama yang dibangun di Amerika Latin pada tahun 1929.

Masjid-masjid ditemukan di semua ibukota negara bagian dan di sejumlah kota yang terdapat di pedalaman.

Menurut sensus tahun 2001, di Brasil ada 27.239 Muslim.

Namun, Islamic Brazilian Federation mendaftar jumlah sekitar satu setengah juta orang Muslim di sana.

Kebanyakan Muslim di sana adalah keturunan imigran Syuriah, Palestina dan Libanon, yang bermukim di Brasil sejak Perang Dunia I dan tahun 1970-an.

Banyak orang Irak juga berdatangan ke Brasil ketika terjadi penyerangan AS dan para sekutunya pada tahun 2003.

Kebanyakan Muslim tinggal di negara-negara bagian Parana, Goias, Rio de Janiero dan Sao Paulo, tapi juga ditemukan komunitas-komunitas besa Muslim di Mato Grosso do Sul dan Rio Grande do Sul.

(Hany Salah, Koresponden IslamOnline)

Bandingkan dengan berita di bawah ini!

http://koran.republika.co.id/berita/56005/Kurang_Imam_Banyak_Masjid_Brasil_Tutup

Comments
One Response to “Da’wah Lewat Internet Di Brasil”
  1. imam samroni says:

    terimakasih untuk unggahan yang memikat, bang. info Islam di brazil sangat minim untuk pembaca indonesia. tentang internet sebagai media literasi (al-qalam) kajian sudah cukup buat saya. lanjutken!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: