Islam Agama Kedua Di Prancis

Masjid "Al-Ihsan" di Prancis, hasil perjuangan imigran Al-Jajair, negeri yang pernah dijajah Prancis.

PM Francois Fillon diharapkan hadir pada hari Senin ini untuk meresmikan sebuah masjid besar di daerah Argentuil, Paris, yang dihuni sekitar 28.000 Muslim.

Ini merupakan yang kelima kali (sejak tahun 1958) dalam sejarah republik Prancis seorang perdana menteri di negara sekular yang kaku itu harus menghadiri peresmian demikian.

Al-Ihsan, nama masjid tersebut, dibangun di di tanah bekas pabrik Renault yang dibeli seorang pengusaha Aljajair 20 tahun lalu. Para imam masjid itu juga akan dipilih dari orang-orang Aljajair.

Bangunan masjid tersebut mampu menampung jama’ah sebanyak 2.500 orang. Di dalamnya juga disediakan sarana pendidikan Al-Qurãn.

PM Fillon dalam acara itu didampingi oleh Menteri Dalam Negeri Brice Hortefeux, yang tugasnya antara lain menangani bidang agama dan imigrasi.

Para imigran Prancis yang kebanyakan muslim telah menjadi sorotan secara politik, sehubungan dengan kebijakan pemerintah melarang penggunaan penutup kepala dan wajah (bagi muslimah) di tempat umum dan setelah perdebatan hebat tentang “identitas kebangsaan” Prancis yang menimbulkan sentimen anti-Islam di negara itu.

Sekitar 800 orang pejabat diundang dalam acara tersebut, dan Fillon sendiri diminta untuk membahas tentang pentingnya Islam sebagai “agama kedua” di Prancis.

(France24)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: