11 Agustus = 1 Ramadhan

Peta UAE

Bulan Ramadhan tahun ini jatuh pada hari Rabu tanggal 11 Agustus 2010, dan Idul Fitri jatuh pada hari Jum’at tanggal 10 September. Demikian menurut astronom dari UAE (United Arab Emirate; Al-Imaratul-Arabiyyatul-Muttahidah).

Ibrahim Al Jarwan, Peneliti Astronom dan Supervisor dari Sharjan Planetarium, mengatakan bahwa hilal (bulan sabit) bulan suci Ramadhan secara astrnomi akan muncul pada hari Selasa tanggal 10 Agustus, tepatnya pada pukul 7:08 pagi waktu UAE, dan akan menghilang setelah terbenam matahari pada hari itu. Dengan demikian, hari Rabu esoknya adalah tanggal 1 Ramadhan.

“Bulan sabit Syawal akan muncul pada hari Rabu tanggal 8 September, pukul 2:30 pagi waktu setempat, dan menghilang 14 menit sebelum matahari terbenam. Kemunculannya pada hari itu mustahil terlihat dengan mata telanjang, dan sebelum Jum’at (10 September) akan menjadi hari pertama bulan Syawal,” kata sang peneliti.

Dengan mengutip perhitungan-perhitungan astronmi, ia menambahkan bahwa musim panas tahun ini akan terjadi tanggal 22 Juni dan berakhir pada 23 September, tapi di UAE sendiri akan terjadi pada tanggal 21 Juni pukul 3:28 siang, ketika matahari ada tepat di atas Tropic of Cancer.

(Islamcity.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: