Lima Bahasa Cinta

Pakar pernikahan dan keluarga, Dr. Gary Chapman, mengungkapkan bahwa setiap orang menggunakan satu atau lebih dari 5 bahasa cinta. “Bahasa Cinta” tersebut, katanya, berkaitan dengan cara kita memahami bahwa kita dicintai oleh orang-orang di sekeliling kita.

Menurut Chapman, kelima bahasa cinta itu adalah: 1) kualitas waktu, 2) pelayanan, 3) hadiah, 4) pujian, dan 5) sentuhan. Ia menegaskan bahwa setiap orang menggunakan salah satu dari ilma bahasa tersebut secara sering, sambil menggunakan satu atau dua yang lainnya secara bersamaan. Ketika berhubungan dengan pasangan, anak, atau keluarga secara umum, dengan memahami kebutuhan mereka masing-masing, jalinan hubungan akan lebih baik bila kita memahami bahasa cinta mereka.

Sebagai misal, seorang ibu bisa memahami bahwa salah seorang anaknya ‘bertingkah’ semata-mata karena sang ibu mengabaikan “kualitas waktu” bagi si anak. Dengan memahami bahasa cintanya, sang ibu akan mampu menjalin hubungan lebih baik dengan menyediakan waktu yang lebih berkualitas bagi si anak.

Begitu juga seorang suami mungkin merasakan perkawinannya mulai retak karena ia tidak memahami bahasa cinta istrinya. Bila ia menyadari bahwa bahasa cinta istrinya adalah pelayanan, misalnya, ia bisa memperlihatkan penghargaan dan perhatian terhadap istrinya dengan membantunya melakukan pekerjaan rumah, berbelanja, dan pekerjaan-pekerjaan lainnya.

Islam menempatkan cinta pada tempat tertinggi. Allah sendiri dikenal dengan sifat mahakasih-sayangNya, yang dengan itu Ia mencurahkan rahmatnya kepada manusia. Karena itu, tak heran bila Nabi Muhammad saw pun memiliki keunggulan pula dalam hal kasih-sayang dan kepeduliannya. Beliau selalu dikelilingi oleh orang-orang yang sangat dicintai, yang juga sangat mencintai beliau.

(Maria Zain, Freelance Writer- Malaysia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: