SURAT TERBUKA KEPADA PRESIDEN RI

Selamatkan PERTAMINA sebagai Aset Strategis Rakyat !!!!
Jakarta, 08 Januari 2010

Mencermati konstelasi yang berkembang di seputar pengelolaan proses bisnis, organisasi dan budaya perusahaan di PERTAMINA, bersama ini disampaikan bahwa FSPPB menyesalkan kinerja Perusahaan (finansial, operasional, praktek hubungan industrial dan implementasi GCG) yang tidak memuaskan, sehingga tidak mampu mengemban amanah sebagai perusahaan penghasil devisa yang strategis bagi RAKYAT INDONESIA sebagaimana maksud dan tujuan pendiriannya.

Terkait dengan hal tersebut, FSPPB mendesak untuk dilakukan PENGGANTIAN SEBAGIAN BESAR DIREKSI PERTAMINA, dengan usulan sebagai berikut :

1. Calon Direksi yang baru harus memenuhi persyaratan/ catatan keahlian, integritas, kepemimpinan, pengalaman, kejujuran dan dedikasi yang tinggi untuk memajukan/mengembangkan Persero, serta memahami aspek hubungan industrial yang baik sesuai UU no. 19 tahun 2003, UU nomor 22 Tahun 2001, PP 31 tahun 2003, UU no. 13 tahun 2003, dan AD/ART PERTAMINA.

2. Calon Direksi yang baru harus bukanlah figur titipan atau yang diusulkan oleh ’makelar jabatan, para trader minyak yang memiliki kepentingan- kepentingan kelompok, mafia crude/BBM, pemain-pemain politik, pihak/institusi/ pejabat termasuk oknum Menteri yang tidak memiliki kepentingan/ hubungan kerja langsung kepada pengelolaan bisnis PERTAMINA sehingga proses fit & proper test dapat dilaksanakan dengan semangat yang dimaksud pada Pasal 91 UU no. 19 tahun 2003 tentang BUMN.

3. Pekerja PERTAMINA dalam wadah FSPPB sebagai salah satu stakeholder strategis yang jauh lebih memahami kiprah calon-calon internal PERTAMINA sudah sampai pada titik jenuh melihat proses pergantian Direksi yang berkali-kali tidak tepat, sehingga pada kali ini TIDAK DAPAT BERDIAM DIRI LAGI dan SIAP BEREAKSI KERAS apabila Pemerintah (cq. Pemegang Saham PERTAMINA) tetap tidak menjadikan pandangan/pendapat FSPPB sebagai other opinion dalam proses pergantian kali ini.

Demikian keinginan Pekerja PERTAMINA ini disampaikan secara terbuka kepada Presiden RI dengan harapan semua stakeholder dapat bersatu padu dalam rangka menjadikan PERTAMINA menjadi Perusahaan Minyak Nasional Berkelas Dunia.

Kepada seluruh konstituen FSPPB di seluruh sentra operasi/produksi strategis PERTAMINA, diharapkan tetap teguh dengan hasil konsolidasi yang melibatkan seluruh Serikat Pekerja anggota FSPPB dan tidak bereaksi atau mengambil tindakan sendiri-sendiri tanpa komando/perintah resmi dari FSPPB. Terima kasih.

Presiden FSPPB – drg. Ugan Gandar
Sekretaris Jenderal FSPPB – Ir. Eko Wahju Laksmono
Ketua DPO – FSPPB – Ir. Otto Geo Diwara
Presiden KSPMI – Ir. Faisal Yusra SH., MM.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: