Hoja Dan Anak Nakal

Suatu hari Hoja membeli seekor keledai di pasar. Ia membawa keledai itu dengan tali kekangnya, berjalan pulang, percaya penuh bahwa sang keledai ikut berjalan bersamanya di belakang.

Dua anak nakal melihat Hoja bersama keledainya. Mereka sepakat untuk melakukan suatu tipuan, untuk mencuri keledai Hoja.

Salah seorang di antara mereka diam-diam mengikuti Hoja, melonggarkan tali kekang, melepaskannya dari leher keledai, dan kemudian mengalungkannya ke lehernya sendiri. Sedangkan yang seorang lagi mengambil keledai Hoja, membawanya kembali ke pasar dan menjualnya. Hoja tidak menyadari hal itu. Ia terus berjalan pulang, menuntun anak lelaki yang dikira keledainya.

Ketika sampai di rumahnya, Hoja baru menoleh ke belakang dan mendapati keledainya telah menjadi seorang anak lelaki.

“Siapa kamu?” katanya kepada si anak.

“Ahh Effendi,” anak nakal itu bersandiwara. “Anda tak akan percaya kisah saya. Dulu aku adalah anak yang sangat nakal. Aku selalu melakukan kesalahan, sehingga ibuku menjadi susah. Ketika ia sudah tidak sabar lagi, aku dikutuknya menjadi keledai. Tadi ketika anda menganggapku cukup bagus untuk dibeli, kutukan itu hilang. Terimakasih atas kebaikan anda. Sekarang aku sudah menjadi anak lelaki lagi.”

Hoja percaya cerita anak itu. Lalu katanya, “Baiklah. Aku akan melepaskanmu. Tapi ingat! Kamu tidak boleh menyusahkan ibumu lagi! Mulai sekarang, jadilah anak yang baik!”

Hari berikutnya, Hoja pergi ke pasar lagi untuk membeli keledai. Di pasar, ternyata ia menemukan lagi keledai yang dibelinya kemarin dan berubah menjadi anak lelaki. Hoja segera mengerti apa yang terjadi.

Ia mendekati keledai itu dan berbisik, “Dasar anak nakal! Kamu menyusahkan ibumu lagi kan?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: