Islam: Sistem Politik Kekerasan?

Bob McDonnel, gubernur Virginia yang akan dilantik bulan Januari 2010.

 

CEDAR CREEK, Texas (CNN) – Gubernur Virginia terpilih, Bob McDonnell, Rabu lalu menegaskan bahwa ia tidak akan mengingkari pernyataan penyiar radio Kristen, Pat Robertson, bahwa Islam bukan agama tapi “sebuah sistem politik yang keras” (a violent political system).

Namun McDonnell menekankan bahwa ia telah menemui para Muslim dan mengunjungi masjid-masjid di Virginia di masa kampanye dan akan terus melakukan hal itu setelah ia resmi menduduki jabatan gubernur pada bulan Januari nanti.

Kelompok-kelompok Muslim mengimbau McDonnel untuk mengecam pernyataan Robertson karena ia merupakan orang lama di partai Republik.

MCDonnell  adalah lulusan sekolah hukum CBN University (kini Regent University), yang didirikan Roberson, dan telah menerima ribuan dollar untuk biaya kampanye dari penginjil itu seiring dengan penampilannya dalam pertunjukan yang dinamai “Te 700 Club”.

“Saya mendapatkan, mungkin, 15.000 donor kampanye, dan saya tidak bisa mendukung atau menentang setiap komentar dari mereka,” kata McDonnell, menjawab pertanyaan CNN dalam pertemuan tahunan Republican Governors Association di dekat Austin. “Saya pikir, orang diberi hak oleh First Amendement untuk mengungkapkan apa pun pendapat mereka. Sebagai gubernur Virginia saya hanya bisa mengatakan bahwa saya akan menjalankan pemerintahan inklusif, yang akan membuat orang dari berbagai aliran politik dan agama untuk membantu.”

Robertson mengeluarkan pernyataannya dalam acaranya sendiri pada tanggal 9 November, setelah peristiwa penembakan di pos Fort Hood Army di Texas. Tertuduh pelaku penembakan, Mayor Nidal Malik Hasan, adalah Muslim (dan berdarah Arab pula) yang pernah mengeritik kegiatan militer AS di Irak dan Afganistan.

“Islam adalah kekerasan. Saya ingin mengatakan ‘agama kekerasan’, tapi Islam bukan sebuah agama. Islam adalah sistem politik,” kata Robertson. “Islam adalah sistem politik kekerasan yang hendak meruntuhkan pemerintah-pemerintah dunia, dan hendak menguasai dunia. Itulah tujuan akhirnya.”

McDonnell sendiri, ketika ditanya apakah ia percaya bahwa “Islam adalah sistem politik kekerasan”, ia mengatakan tidak. Tapi ia tidak mengecam Robertson.

“Saya pikir, ada orang dari berbagai agama yang melakukan kekerasan, dan mereka harus dihukum sesuai dengan tindakan mereka,” kata McDonnell pula. “Tapi saya percaya bahwa ada orang dari semua agama besar yang sangat bisa membantu dalam Virginia kita yang multikultural, yang membuat kita semua bermanfaat di negara ini.”

(CNN, 19 Nov.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: