tvOne Memelintir Berita Al Qaeda (?)

Kamu jangan suka bohong ya? Nanti hidungmu tambah panjang!

Kamu jangan suka bohong ya? Nanti hidungmu tambah panjang!

Jum’at tangggal 21 Agustus 2009, sedikitnya dua kali,  tvOne menyiarkan berita tentang munculnya “blog berisi pesan yang mengatasnamakan Al Qaeda Asia Tenggara.” Dikatakan pula bahwa “Pesan berbahasa Melayu kali ini lebih menyoroti tindakan polisi pada 3 Juli 2008.”
Tanpa maksud membela teroris dan terorisme, harus ditegaskan di sini bahwa tvOne rupanya telah sengaja melakukan kebohongan publik lewat pernyataan tersebut, yang mengesankan seolah-olah blog tersebut adalah sebuah blog baru, atau baru mem-posting tulisan yang menyoroti tindakan polisi tersebut.

Yang benar, yang dibritakan itu bukan sebuah posting baru yang berkaitan dengan peristiwa pengeboman yang terjadi baru-baru ini di Jakarta. Hal itu terbukti, antara lain, melalui kenyataan bahwa tulisan tersebut terletak di urutan ke-5.

Jelasnya, urutan teratas (tulisan terakhir) tulisan blog itu bertanggal (Rabu) 6 Agustus 2008, urutan ke-2 bertanggal sama dengan yang pertama, urutan ke-3 bertanggal (Kamis) 17 Juli 2008), urutan ke-4 bertanggal sama dengan  yang ke-3, dan urutan ke-5 juga sama dengan yang ke-3, yaitu Thursday, July 17, 2008.

Dengan kenyataan bahwa tulisan terakhir blog tersebut bertanggal 6 Agustus 2008, berarti blog tersebut belum memiliki tulisan terbaru. Lebih tegas lagi, blog tersebut telah vakum (tidak di-update)  selama lebih dari setahun!  Dan, yang jelas segala seruan dalam tulisan yang diberitakan itu tidak laku di Indonesia!

TAPI tvOne MEMBIKIN BERITA SEOLAH-OLAH TULISAN TERSEBUT BARU DIPOSTING DAN BERKAITAN DENGAN PERISTIWA BOM BUNUH DIRI DI HOTAL JW MARRIOT DAN RITZ CARLTON, WALAU DIKATAKAN BAHWAISINYA lebih menyoroti tindakan polisi pada 3 Juli 2008.

Mengapa?

Memang benar, tulisan tersebut berkaitan dengan “sidang media” (konferensi pers) yang dilakukan polisi Indonesia pada tanggal tersebut (3 Juli 2008). Tapi sekali lagi, tulisan itu tidak diposting baru-baru ini, sebagai tanggapan atas kasus bom bunuh diri baru-baru ini!

Tapi, mengapa tvOne seperti sengaja memelintir fakta ini, dan mengesankan bahwa ‘postingan’ itu adalah sesuatu yang baru keluar sekarang ini?

Apakah ini salah satu pembuktian bahwa “tvOne memang beda”?

Tampil beda memang bisa bagus. Tapi tidak dengan memelintir data!

Kita bisa memahami bila tvOne, atau pihak mana pun, ingin mengaitkan tulisan tersebut dengan peristiwa pengeboman terbaru, sebagai sebuah bahan analisis dan sebagainya. Tapi kita juga berharap agar yang bersangkutan tidak mengkhianati kejujuran. Dan di atas segalanya, janganlah menghalalkan cara untuk lebih memojokkan umat Islam, yang tidak terlibat tindakan teror,  yang sudah terpojok ini, secara langsung maupun tidak.

FAIR PLAY PLEASE!!!

***

Dan, inilah tulisan yang dipelintir tersebut:
0105071429_Bebaskan Tawanan! – Anjuran Kepada Kaum Muslimin di Indonesia

Versi: Bahasa Melayu
No Rujukan: 0105071429 – MSM
Tarikh: 5 Rejab 1429 Hijriah

Bismillahirrahmanirrahim

KENYATAAN MEDIA RASMI

Majlis Asy-syura Al-Mujahidin
Tandzim Al-Qaeda Bahagian Asia Tenggara


Kepada: Seluruh Kaum Muslimin Terutamanya Kaum Muslimin di Indonesia

Assalamualaikum,

Perkara: Bebaskan Tawanan! – Anjuran Kepada Kaum Muslimin di Indonesia

Segala puji bagi Allah yang menganugerahkan Jihad Fi Sabililah sebagai peneguh kemuliaan Kaum Muslimin serta shalawat dan salam atas Nabi Muhammad Sallallahualaihi Wasallam yang menjadi ikutan terbaik bagi ummah ini.

Amma Ba’du,

Daripada Abu Musa, dia berkata bahawa Rasulullah Sallallahualaihi Wasallam bersabda: Bebaskan tawanan, berilah makanan kepada orang yang lapar dan jenguklah orang yang sakit. (Sahih Jamius Saghir)

Pada 3 Julai 2008, Pihak Polis Kerajaan Thagut Indonesia telah membuat sidang media dan didalam majlis itu, mereka mendakwa telah menangkap beberapa orang kaum Muslimin yang dikatakan merancang melakukan letupan di beberapa tempat di Indonesia.

Penangkapan mereka adalah sesuatu yang tidak harus dipandang sepi. Umat Islam harus bereaksi. Mereka yang tertawan telah memberikan sesuatu untuk Islam. Apa pula sumbangan kita? Paling tidak kita harus berusaha membebaskan mereka. Bukan dengan perundingan untuk membebaskan mereka semata-mata tetapi juga dengan peggunaan senjata.

Adakah penangkapan demi penangkapan oleh Kerajaan Thagut Indonesia harus dibiarkan begitu sahaja? Adakah kita mahu penjara-penjara di Indonesia terus-menerus dipenuhi dengan Mujahidin dan penyokong-penyokong Mujahidin? Adakah kita sanggup hidup terus menerus dalam keadaan yang selesa, dengan segala kemewahan dan kesenangan hidup, sedangkan mereka yang tertawan terpaksa hidup dalam penderitaan? Dan, adakah kita nanti hanya mahu menangisi dan memuji tokoh-tokoh jihad semisal akhi Imam Samudera, setelah dia syahid dibunuh Pasukan Penembak tanpa mahu melakukan sesuatu untuk memastikan pembebasannya?

Justeru, bangunlah wahai jiwa. Bangunlah daripada kelemahan kamu. Kami menganjurkan kaum Muslimin, terutama di Indonesia, untuk melakukan apa-apa sahaja cara yang syarie untuk menyelamatkan seluruh Ikhwanul Mujahidin yang sedang tertawan. Antara cara yang dianjurkan ialah:

Menyerang penjara/tempat Ikhwanul Mujahidin ditawan untuk membebaskan mereka jika ada kemampuan untuk melakukan penyerangan sebegitu;
Menawan tebusan daripada kalangan Polis atau Tentera Kerajaan Thagut Indonesia supaya mereka dapat dijadikan tukaran untuk Mujahidin yang tertawan;
Menawan tebusan daripada kalangan pelancong asing terutama daripada Amerika Syarikat, Thailand atau sekutu-sekutunya untuk dijadikan tukaran untuk Mujahidin yang tertawan di Indonesia;
Memulakan penyerangan hendap terhadap Polis atau Tentera Kerajaan Thagut Indonesia secara berkala dan kerap dalam usaha mengugut mereka agar mereka membebaskan keseluruhan Mujahidin yang tertawan.

Justeru, apa yang perlu ialah mengumpulkan kekuatan dan bertindak. Percayalah kepada Allah. Dia pasti membantu orang-orang yang beriman:

Wahai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (Dien) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (Surah Muhammad ayat 7)

Kepada pihak-pihak yang meninggalkan jihad dan tetap tidak mahu menyelamatkan kaum Muslimin yang tertawan dengan pelbagai alasan, misalnya dengan mengatakan “Indonesia aman, Jihad hanya dibolehkan di tempat konflik”, kami katakan: “teruslah dengan alasan palsu itu, dan itu tidak lain hanya akan membawa kamu kepada kehinaan.” Adakah aman namanya jika ada kaum muslimin yang tertindas? Adakah aman namanya jika pemerintah akan menawan/menangkap kita hanya lantaran Iman dan Jihad kita?

Apa pun, peluang masih terbuka. Bukan sekadar untuk memberikan makan anak dan isteri Mujahidin yang tertawan. Yang lebih penting, bebaskan yang tertawan itu sendiri. Itulah kewajiban kita. Laksanakannya atau kita pasti menerima kesannya.

Dan kemenangan itu milik Allah seluruhnya.

Allahuakbar! Allahuakbar! Allahuakbar!

Abu Ubaidah
Muhajir dan Mujahid Pattani Darussalam

Merangkap Jeneral Awwal Tandzim Al-Qaeda Bahagian Asia Tenggara

***

Dan ini adalah berita yang terdapat pada website tvOne. Perhatikan juga bahwa di sini tvOne menyebut posting blog tersebut sebagai “email”, tapi pada alinea berikutnya dikatakan “Pesan-pesan itu dimuat dalam blog:http://pintusyurgadipattani.blogspot.com.

Bagaimana mungkin para jurnalis di sebuah televisi, yang dipimpin oleh Karni Ilyas, yang mantan orang penting di majalah berita Tempo,  tidak bisa membedakan antara email dengan posting sebuah blog?

Blog Pesan Al Qaeda Beredar Lagi
Jumat, 21 August 2009 09:32 WIB

Jakarta, (tvOne)

Email mengatasnamakan Al Qaeda kembali beredar. Kali ini pengirim mengatasnamakan diri sebagai Abu Ubaidah, ‘Muhajir dan Mujahid Pattani Darussalam Merangkap Jeneral Awwal Tandzim Al-Qaeda Bahagian Asia Tenggara.’

Pesan-pesan itu dimuat dalam blog: http://pintusyurgadipattani.blogspot.com/. ‘Majlis Asy-syura Al-Mujahidin Tandzim Al-Qaeda Bahagian Asia Tenggara’ meminta pendukung jihad menyerang penjara-penjara untuk membebaskan tersangka teroris yang ditahan.

Dalam pesannya, Al Qaeda berpesan pada para pendukungnya untuk menawan anggota polisi, tentara, dan WNA seperti Amerika Serikat, Thailand sebagai sandera, untuk menebus para tahanan kasus terorisme.

“Memulakan penyerangan hendap terhadap Polis atau Tentera Kerajaan Thagut Indonesia secara berkala dan kerap dalam usaha mengugut mereka agar mereka membebaskan keseluruhan Mujahidin yang tertawan,” demikian isi pesan berbahasa Melayu itu.

Belum ada konfirmasi apa kaitan blog tersebut dengan jaringan Al Qaeda. Termasuk, apakah benar email tersebut dikeluarga oleh organisasi tersebut. (VIVAnews.com)

Comments
3 Responses to “tvOne Memelintir Berita Al Qaeda (?)”
  1. abc says:

    TVOne.. GOBLOKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK

  2. lawan.us says:

    bagus bgt gambarnya?

  3. An interesting discussion is worth comment. I believe that you should write far more on this topic, it may possibly not be a taboo subject but typically people aren’t sufficient to speak on such topics. To the next. Cheers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: