Sikap Rasulullah Pada Bulan Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan (2)

Selain hadis yang anda sebutkan sebelum ini, adakah hadis-hadis lain yang berhubungan dengan bulan Ramadhan?

Ada. Dalam CD yang berisi hadis Kutubu Tis’ah, yaitu kumpulan sembilan kitab hadis, terdapat 1009 hadis yang berhubungan dengan Ramadhan. Dari jumlah sekian itu, 1-135 terdapat dalam Shahih Bukhari, 136-243 dalam kitab Muslim, 244-305 dalam kitab Tirmidzi, 306-418 dalam kitab Nasa’i, 419-503 dalam kitab Abu Daud, 504-556 dalam kitab Ibnu Majah, 557-912 dalam kitab Ahmad, 913-965 dalam kitab Malik, dan 966-1009 dalam kitab Ad-Darami.

Wah! Banyak sekali ya!?  Masalah apa saja yang dibicarakan dalam Hadis-Hadis itu?

Sangat bervariasi; selain juga banyak hadis yang membahas masalah-masalah yang sama dengan susunan kalimat (redaksi) yang sama, atau agak sedikit berbeda.

Saya masih penasaran dengan masalah penyambutan kedatangan bulan Ramadhan. Selain hadis tadi, adakah hadis-hadis lain yang berhubungan dengan penyambutan bulan Ramadhan?

Ada Hadis Muslim, dari narasumber Aisyah, mengungkapkan bahwa Rasulullah adalah orang yang selalu bersungguh-sungguh (serius), dan beliau menjadi lebih serius lagi pada bulan Ramadhan.

Apakah itu berarti bahwa Rasulullah tidak pernah bercanda atau bersantai?

Bukan begitu! Ada beberapa hadis yang menceritakan bahwa Rasulullah juga suka bergurau. Tapi Hadis Muslim tadi mungkin bermaksud mengatakan bahwa Rasulullah adalah orang yang tidak pernah lalai, tidak suka berleha-leha.

Bagaimana gambaran keseriusan beliau di bulan Ramadhan?

Saya belum mendalami semua hadis-hadis yang saya sebutkan tadi. Tapi dalam kitab Al-Bukhari ada hadis yang menggambarkan satu hal yang khusus berkaitan dengan diri pribadi Rasulullah. Bunyinya seperti ini:

‘Rasulullah saw adalah orang yang paling dermawan, dan ia menjadi lebih dermawan lagi pada bulan Ramadhan, bulan kedatangan Jibril untuk menemuinya. Pada bulan Ramadhan, Jibril menemuinya setiap malam untuk menemaninya mempelajari Al-Qurãn kepadanya. Maka karena itulah Rasulullah saw sunguh-sungguh menjadi orang yang lebih dermawan dari hembusan angin (udara).’”

Hadis ini mengungkap tiga rahasia. Pertama bahwa Rasulullah saw adalah orang yang dikenal para sahabatnya sebagai orang dermawan. Kedua, malaikat Jibril ternyata datang menemui Rasulullah setiap malam pada bulan Ramadhan, sementara pada bulan-bulan lain hanya datang pada waktu-waktu tertentu, yaitu untuk menyampaikan wahyu. Kedatangan Jibril setiap malam pada bulan Ramadhan, seperti terungkap lewat hadis ini, agaknya punya tujuan yang berbeda dari biasa, yaitu dalam rangka menemani belajar Al-Qurãn. Ini jelas terungkap melalui kata yudãrisu (يُدَارِسُ ) yang digunakan dalam teks hadis. Ketiga, ternyata pada bulan Ramadhan itu Rasulullah menjadi lebih dermawan dari biasanya. Bahkan kedermawanan beliau itu digambarkan seperti ‘hembusan angin’.

Seperti hembusan angin? Apa maksud perumpamaan itu?

Bayangkanlah bahwa anda sedang merasa gerah, kepanasan di suatu tempat, lalu tiba-tiba berhembuslah angin sepoi-sepoi basah …

Wah, nikmat luar biasa!

Selain itu, ingat juga bahwa angin itu tidak berhembus hanya untuk anda, tapi untuk semua orang.

Wah, wah! Itu perumpamaan yang hebat untuk menggambarkan bahwa Rasulullah memang rahmatan lil-‘alamin, bukan?

Ha-ha! Benar sekali!  Tapi harap diingat bahwa Rasulullah menjadi rahmatan lil-‘alamin itu bukan karena harta yang didermakannya, yang tentu jumlahnya sangat terbatas.

Lantas karena apanya?

Karena ajaran yang diamanahkan kepadanya. Al-Qurãn! Dan bila Al-Qurãn ini diibaratkan angin, ingatlah bahwa ‘angin’ ini pada kenyataannya tidak membuat sejuk semua orang. Kebanyakan orang malah merasa dibuat ‘gerah’ olehnya.

Wah, anda bisa saja!  Tapi, kelihatannya … ya … benar juga sih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: