Noordin M Top Di Mata Abu Wildan

Di bawah ini  adalah penuturan ulang, dengan bahasa saya, dari hasil wawancara TV-One dengan Abu Wildan dalam Kabar Petang pada tanggal 11 Agustun 2009.

Abu Wildan, mantan anggota JI yang kini tinggal di Subang, mengatakan bahwa Noordin Mohammad Top (NMT) adalah teman baiknya.

Dulu, mereka sama-sama mengajar di Ma’had Luqmanul-Hakim, yang didirikan Abdullah Sungkar di Malaysia. Abu Wildan mengajar mulai tahun 1992 atau 1993, sedangkan NMT baru muncul di pesantren tersebut pada tahun 1997.

NMT hanya guru agama biasa, sementara Abu Wildan, yang pernah bergabun dengan para pejuang Afganistan, selain mengajar agama juga mengajar silat. “Di pesantren, belajar bela diri itu sunnah,” katanya. Maksudnya, belajar ilmu bela diri adalah sesuatu yang dicontohkan oleh Rasulullah.

Lantas, bagaimana dengan pembuatan atau perakitan bom? Apakah itu merupakan sunnah juga? Abu Wildan menegaskan bahwa NMT berubah setelah ke Filipina, bergabung dengan para pejuang Moro.  Namun ia mengatakan bahwa NMT bukan ahli bom. Yang ahli bom mungkin anak buahnya yang belajar pada Dr. Azhari.

Di pesantren, yang diajarkan hanya silat dan berkuda. Ditambah dengan berbagai jenis olahraga lain, seperti bola sepak, bola keranjang, dan lain-lain.

Inilah wajah Noordim M Top yang asli yang dikenal Abu Wildan.

Inilah wajah Noordim M Top yang asli yang dikenal Abu Wildan.

Ciri khas NMT

Ciri yang menyolok dari NMT adalah, “Dia sangat bersahaja dan tawadhu (rendah hati). Selain itu, dia adalah orang yang murah senyum!” kata Abu Wildan.

“Penampilannya bersahaja, tapi meyakinkan. Bahasanya baik. Dia bisa dengan cepat meyakinkan orang. Mungkin karena itu ia mudah sekali diterima oleh orang Indonesia. Cara bicaranya memang ada logat Melayu, tapi selanjutnya dia tentu berusaha untuk berlogat Indonesia.”

Ciri lainnya, kata Abu Wildan pula, NMT juga pemberani. Mungkin karena itulah ia dipilih oleh Hambali, yang menjadi amir-(pemimpin)-nya setelah ia keluar dari Jama’ah Islamiyan (JI).

Tentang ciri fisiknya, Abu Wildan menyebut bahwa NMT berkulit putih, dan tidak berkacamata.

Ketika ditanya apakah NMT ada hubungan dengan Usamah bin Ladin (ejaan Barat: Osama ben Laden), Abu Wildan dengan mantap mengatakan, “Ya, jelas ada hubungan dengan Usamah. Saya yakin.”

Abu Wildan juga menuturkan bahwa sejak Geore Walker Bush yunior memerangi Afganistan dan Irak, Usamah mengeluarkan fatwa untuk membunuh orang Amerika di mana saja, sebagai balas dendam. Dan, katanya, hal itu bukanlah kebijakan JI. (Menurut Abu Ghifari, JI hanya membolehkan perang melawan musuh yang memerangi, dan baru boleh melaksanakan perang bila sudah memiliki dua belas ribu kekuatan. Sesuatu yang masih jauh dari genggaman JI).

Ma'had (pesantren) Luqmanul-Hakim di Malaysia, tempat Abu Wildan dan NMT dulu mengajar.

Ma'had (pesantren) Luqmanul-Hakim di Malaysia, tempat Abu Wildan dan NMT dulu mengajar.

Bergerak fardiyah

Abu Wildan mengatakan bahwa banyak orang yang keluar dari JI kemudian bergerak fardiyah (sendiri-sendiri; individual). Begitu juga NMT. Abu Wildan yang pulang dari Malaysia tahun 2002, mengaku tak pernah lagi bertemu atau berkomunikasi dengan NMT. Ia juga tak tahu NMT ada di mana.

Ketika ditanya bisakah NMT datang menemuinya suatu waktu, ia menjawab cepat, “Tidak mungkin! Karena saya ada di (sudah masuk) televisi!”

Seandainya ia datang, apa yang akan anda lakukan? “Tidak tahu. Bingung. Karena ia kawan baik saya. Tapi saya pasti ditangkap polisi bila tidak melapor.”

Temanggung dan Bekasi

Abu Wildan menegaskan bahwa NMT tidak mungkin menggunakan rumah seperti yang di Temanggung, karena posisinya tidak aman. Tempat itu terpencil, mudah

Bangunan memanjang ini adalah taman kanak-kanak, yang lainnya SD dan seterusnya.

Bangunan memanjang ini adalah taman kanak-kanak, yang lainnya SD dan seterusnya.

dikepung.   NMT akan merasa lebih aman bila ada di tengah keramaian.

Tentang rumah yang di Bekasi, ia mengatakan tak mungkin NMT ada di tempat yang sudah diincar polisi. Orang-orang yang diserbu polisi di Bekasi, mungkin rekrutan baru NMT. Dan kalau sudah diendus polisi, NMT tak akan pernah menemui mereka lagi.

Bagaimana pendapatnya tentang surat NMT yang muncul di internet? “Tidak benar. Dalam surat itu ia mengangkat diri sendiri. Itu tidak mungkin; karena untuk

Murid-murid SD (berdiri) dan TK (duduk). Yang berdiri paling kiri belakangan menjadi istri NMT, dan yang menggendong anak belakangan menjadi istri Abu Wildan.

Murid-murid SD (berdiri) dan TK (duduk). Yang berdiri paling kiri belakangan menjadi istri NMT, dan yang menggendong anak belakangan menjadi istri Abu Wildan.

pengangkatan itu harus ada proses musyawarah. Selain itu, bahasanya juga janggal. Tapi bahwa NMT tidak asing dengan internet, Abu Wildan mengiyakan.

Orang-orang bermasalah

Abu Wildan mengingatkan bahwa NMT pasti hanya mencari para pemuda bermasalah untuk direkrut menjadi pembom bunuh diri. Masalah yang dihadapi bisa jadi masalah keluarga, ekonomi, dan lain-lain. Mereka mudah diarahkan, diberi taushiyah (nasihat; doktrin), sehingga bisa berangkat dengan bismillah. NMT juga tak mungkin merekrut para santri atau orang-orang pondok pesantren, karena mereka mungkin lebih alim, lebih tahu tafsir, lebih faqih (paham hukum Islam), sehingga sulit untuk diyakinkan.

SBY jadi sasaran?

Untuk hal ini Abu Wildan mengiyakan; dan ini mungkin berkaitan dengan penolakan SBY untuk memberikan grasi (‘pengampunan’) kepada para pelaku bom Bali. Karena itu Mukhlas pernah memaklumkan untuk membalas dendam, dan NMT mungkin menempatkan diri sebagai pelaksana balas dendam itu.

Ma'had Luqmanul-Hikmah sekarang...

Ma'had Luqmanul-Hakim sekarang...

Tianggal puing kenangan...

Tianggal puing kenangan...

Comments
2 Responses to “Noordin M Top Di Mata Abu Wildan”
  1. trial sites says:

    wow y0u hit it on the nose will submit 2 stumbleupon

  2. I’ll make certain to put this in good use!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: