Usus Buntu: Tak Ada Gunanya?

Letak usus buntu. (info penyakit.com)

Letak usus buntu. (info penyakit.com)

Segala yang diciptakan Allah pastilah tidak ada satu pun yang sia-sia alias tidak berguna. Tentu begitu lah juga halnya usus buntu (appendix).

Tapi selama berabad-abad sejak kelahiran ilmu kedokteran, para dokter mengatakan bahwa usus buntu “tak ada gunanya”. Baru belakangan mereka mengatakan hal seperti di bawah ini.

Usus buntu dalam bahasa latin disebut sebagai Appendix vermiformis, Organ ini ditemukan pada manusia, mamalia, burung, dan beberapa jenis reptil. Pada awalnya Organ ini dianggap sebagai organ tambahan yang tidak mempunyai fungsi, tetapi saat ini diketahui bahwa fungsi apendiks adalah sebagai organ imunologik dan secara aktif berperan dalam sekresi immunoglobulin (suatu kekebalan tubuh) dimana memiliki/berisi kelenjar limfoid. (infopenyakit.com).

Tapi penjelasan ini pun pastilah belum bisa dicerna dengan mudah oleh masyarakat awam.

Radang usus buntu.

Radang usus buntu.

Selain itu, rupanya ada lagi jawaban lain yang rupanya jauh dari jangkauan pemahaman para dokter, tapi cukup dekat dalam pengalaman para penderita sakit radang usus buntu.

Sedikitnya ada tiga orang penderita sakit usus buntu yang mengisahkan pengalaman yang sama setelah usus buntu mereka digunting alias dioperasi. Mereka sama-sama mengatakan bahwa setelah usus buntu mereka hilang, hilang pula kemampuan mereka untuk mengendalikan dorongan ingin buang air besar (BAB). Artinya, setiap dorongan BAB datang, saat itu pula sang kotoran harus dibuang, tak bisa ditahan lagi.

Coba bayangkan seandainya hal itu terjadi pada saat anda sedang dalam perjalanan dan sulit menemukan jamban!

Jadi, rupanya, manfaat usus buntu itu adalah – antara lain –  untuk mengendalikan dorongan BAB itu, supaya sang tokai (kotoran)  jangan minta keluar tanpa kompromi sedikit pun.

Bila cerita itu salah, tolong para dokter memberikan jawaban ilmiahnya. Bila benar, akuilah bahwa kebenarannya bukan bersumber dari disiplin ilmu kedokteran tapi dari para pasien yang pernah dioperasi.

Selain itu, akuilah pula bahwa segala ciptaan Allah pastilah ada manfaatnya, yang kadang atau sering tak terjangkau pemahaman dan penelitian manusia.

Comments
7 Responses to “Usus Buntu: Tak Ada Gunanya?”
  1. reza says:

    punya usus buntu maupun gak punya..siapa yg tahan boker bang?

    dan gak semua dokter bilang usus buntu gak punya fungsi

  2. Ahmad Haes says:

    Tahan tahan dikit/bentar bisa lah. Saya sering kok. Mrk yg sembelit juga kan terjadi, antara lain, karena suka nahan boker. Trus, kan emang udah ditulis di atas, ga semua dokter ngomong gitu.

  3. reza says:

    oia..kalo tahan dikit boleh lah..(hihihi malah bahas boker sih..)

  4. Ahmad Haes says:

    Nah, kamu keliru lagi! Kita lagi bahas fungsi usus buntu, bukan bahas boker. Makanya klo berpikir sistematis donk, spy klo berwacana jadi keruan pangkal n ujungnya, dan konsisten pada tema yg dibahas. (Wah, jadi kuliah nih. Sorry!).

  5. makasih ni infonya.manfaat banget buat nambah wawasan

  6. santy says:

    Assalamualaikum. Bener tuch bang, SEMUA CIPTAAN ALLAH SWT PASTI ADA MANFAATNYA. Tapi gimana dong metode pengobatan ISLAM ttg radang usus buntu? dan gmn ttg pengangkatan usus buntu, halalkah? apalagi klo sdh AKUT.
    Terimakasih ats jwbnx…
    Wassalam.

  7. Ahmad Haes says:

    1. Pengobatan Islam utk usus buntu? Saya bukan ahli pengobatan Islam.
    2. Pengangkatan (pemotongan) usus buntu, bila sudah akut, tentu halal, mengingat risikonya bila tidak dioperasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: