Al-hamdu Lillah! Prita Bebas!

Hampir pukul tiga sore tadi, Megawati Soekarnoputri tiba di LP Tangerang. Kedatangannya, bersama Pramono Anung, Cahyo Kumolo dan putrinya Puan Maharani adalah untuk menjenguk Prita Mulyasari, ibu dua anak yang harus meringkuk di penjara wanita karena mengeluhkan pelayanan sebuah rumah sakit bertarap internasional.

Kepada wartawan Megawati mengatakan bahwa prita telah diperlakukan tidak manusiawi. Adalah hak warga negara Indonesia, katanya, untuk mengeluhkan pelayanan yang tidak baik dan mengangkat masalah itu (ke publik). Begitu juga ketika ia dalam perawatan di RS, ia berhak mendapat keterangan tentang segala pelayanan yang diberikan.

Mega juga menambahkan bahwa ia merasa prihatin karena Prita mempunyai dua anak balita (3 tahun dan 1 tahun) yang harus ditinggalkannya karena ia masuk penjara. Menurut Mega, hal itu seharusnya menjadi pertimbangan agar Prita diperlakukan secara khusus. “Hal seperti ini tidak boleh terjadi lagi!” katanya.

Tak lama setelah Mega meninggalkan LP, Prita pun dibebaskan, dan langsung dijemput oleh suaminya.

Latar belakang

Prita ditahan 13 Mei 2009 karena meneluhkan pelayanan RS Omni Internasional di Alam Sutra, Tangerang, melalui e-mail yang kemudian tersebar luas. Ia dijerat pasa pencemaran nama baik dan pasal 27 ayat (3) UU ITE (undang-undang Informasi dan Transaksi elektronik), dengan ancaman hukuman 6 tahun.

Rencanaya ia akan disidangkan hari Kamis besok, 4 Juni 2009.

Sebelumnya, dalam sidang perdata, Prita kalah dan harus membayar 250 milyar rupiah untuk kerugian non-material dan 131 juta rupiah untuk keruian material.

Pemenjaraan Prita mendapat perhatian banyak pihak, termasuk di antaranya capres Megawati, yang akhirnya datang menemuinya sore tadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: