Obama Dan Bush

CNN, 23-5- 2009

OBAMA BUSHPresiden Obama mengatakan bahwa ia menghargai keyakinan para pendahulunya, termasuk Bush tentu. Kepada CNN Sabtu lalu, ia mengatakan bahwa kendati dirinya berbeda pandangan politik dengan Bush, ia tetap menjalin hubungan sejak ia menghuni Gedung Putih. Ketika ditanya apakah ia pernah bercakap-cakap dengan Bush sejak penobatan, ia menjawab, “Ya.”

“Saya kira,” tambahnya, “meski saya baru empat bulan menjadi presiden, menjaga keyakinan para pendahulu saya adalah penting.”

Baru minggu lalu Obama ‘menampar’ administrasi Bush yang katanya “keluar jalur” sejak peristiwa 11 September 2001.

Dalam pidato tentang keamanan nasional Sabtu lalu, Obama mengatakan bahwa administrasinya terpaksa harus membenahi kekacauan yang ditinggal Bush dan kabinetnya. Menurut Obama, setelah peristiwa 9/11 itu pemerintahan Bush memotong telalu banyak jalur dan membuat beberapa keputusan yang bertentangan dengan kepentingan rakyat.

“Saya kira, ada penyesuaian-penyesuaian yang dibuat bahkan di masa pemerintahan Bush sebagai usaha untuk mengatasi kesalahan-kesalahan itu. Tapi masih ada konsekuensi-konsekuensi dari keputusan-keputusan terdahulu yang buruk, dan saya kira Guantanamo adalah salah satunya. Dan itu benar-benar kacau. Itu sulit,” katanya.

Bush, sementara ini, tampak menghindari perdebatan dengan penerusnya itu. Lain halnya dengan mantan wakilnya, Dick Cheney, yang justru tampil sebagai peneritik keras kebijakan-kebijakan Obama. Usai Obama berpidato, Cheney juga berpidato tentang keamanan nasional. Ia membela kebijakan-kebijakan Bush, dan sebaliknya menyebut kebijakan-kebijakan Obama justru melemahkan kemampuan AS untuk memerangi al Qaeda (Al-Qa’idah) dan kelompok-kelompok ekstrem lainnya.

Bush tidak menonton ‘duel’ pidato mereka. Sebuah sumber yang dekat dengannya mengatakan bahwa sang mantan presiden itu – ketika Obama dan Cheney saling hujat – justru sedang dalam perjalanan ke New Mexico. Ia datang ke sana memenuhi undangan sebagai keynote speaker dalam acara makan malam untuk pengumpulan dana beasiswa bagi para pelajar di Artesia High School.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: