Bahasa Arab Bisa Mudah Dan Menyenangkan?

35-1Pengajaran bahasa Arab, khususnya bagi orang yang bukan Arab, mengandung banyak tantangan. Ketika sebuah tugas pengajaran dimulai, sang guru biasanya diminta untuk menyebutkan sebuah buku tatabahasa yang akan dijadikan pegangan. Bila pengajaran ingin berjalan baik dan memudahkan pelajar, buku tata bahasa yang dipilih tentu harus yang tersusun dan berkualitas baik.

Susunan dan pembagian bab pelajaran harus menjamin pelajar maju tahap demi tahap, mulai dari tingkat yang sederhana sampai pada tingkat rumit. Pada tahap inilah pelajar membutuhkan pijakan yang kokoh. Hal yang membingungkan, kekurang-cermatan dan pembagian bab yang tidak tepat bisa menyebabkan pelajar kehilangan minat dan kemampuan untuk memahami.

Sebuah buku yang tidak peka pada kebutuhan pelajar akan kecermatan dan kejelasan, dan tidak berhasil menyampaikan gagasan secara efektif, tentu akan membuat pengajar dan pelajar mengalami kegagalan. Kendati untuk mempelajari suatu bahasa guru yang baik, pintar, sabar, dan tekun cukup menentukan, namun pemilihan buku tata bahasa yang jitu juga tak kalah penting dalam menjamin keberhasilan para pelajar.

Sayangnya, buku tata bahasa yang tergolong berkualitas demikian itu belum kita temukan di Indonesia. Berbagai buku tata bahasa Arab yang beredar di Indonesia, baik yang berbahasa asli (Arab), terjemahannya, maupun karya asli orang Indonesia, secara keseluruhan bisa dikatakan belum memenuhi syarat untuk dikatakan berkualitas seperti tersebut di atas.

Menemukan buku berjudul The Essential Arabic yang terbit di India dan ditulis seorang muslim India adalah suatu hal yang sangat menarik, mengingat bahwa dalam benak kita orang India itu identik dengan agama Hindu. Kita seolah lupa bahwa negara-negara seperti Pakistan dan Bangladesh adalah pecahan dari India, dan di sana pun masih ada kawasan bernama Kashmir (India Utara) yang berpenduduk mayoritas muslim. Jadi, bila seorang anak India muslim melahirkan sebuah buku tata bahasa Arab, hal itu merupakan sesuatu yang sangat wajar. Yang aneh, buku seperti itu kok belum lahir dari orang Indonesia!

Rafi el ImadDalam buku The Essential Arabic, Rafi’ el-Imad Faynan, sang penulis begitu lincah menghidangkan pelajaran tata bahasa Arab kepada pembaca yang memahami bahasa Inggris. Pendekatan yang dilakuka-nya, yaitu membuka pelajaran tata bahasa dengan mengajukan contoh-contoh kalimat bahasa Inggris – yang setelah itu baru diajukan kalimat bahasa Arabnya – adalah kiat jitu untuk menimbulkan kesan ‘keberpihakan’ penulis kepada pelajar (yang menguasai bahasa Inggris). Dengan demikian, pelajar dengan cepat merasakan suasana akrab.

Suasana akrab itu terjadi juga karena – seperti tertulis pada sampul belakangnya – buku tata bahasa Arab yang ditulis Rafi’ el-Imad Faynan adalah delightfully simple (amat menyenangkan karena sederhananya). Selengkapnya tulisan pada sampul belakang itu berbunyi:

This practical guide to modern Arabic is presented in a very simple and easy-to-grasp style. Unique in its approach, it explains the language by analyzing sample sentences in the kind of crystal clearman-ner which leaves a lasting impression on the reader’s mind. The step-by-step approach of this easy-to-use guide will found useful not only for beginners, but also for more advanced students. It can also be a handy tool for teachers of the language. One is finally left wondering how the hitherto dreaded learning of Arabic could have been made so delightfully simple…

(Bimbingan praktis bahasa Arab modern ini dihidangkan dalam gaya yang sangat sederhana dan mudah dipahami. Dengan pendekatan yang unik, buku ini menerangkan tata bahasa Arab melalui uraian contoh-contoh kalimat secara demikian gamblang, sehingga meninggalkan kesan yang meresap ke dalam pikiran pembacanya. Cara penguraian tahap demi tahap dalam buku yang mudah digunakan ini akan bermanfaat bukan saja bagi para pemula tapi juga bagi para pelajar di atas mereka. Buku ini juga akan merupakan sarana yang praktis bagi para pengajar bahasa Arab. Akhirnya, orang akan terheran-heran bagaimana pelajaran bahasa Arab yang hingga kini masih dianggap momok ternyata dapat dibuat demikian sederhana dan menyenangkan…).

Kiat penulisan

Buku ini hanya menghidangkan separuh bagian dari dasar tata bahasa Arab, yang ditujukan terutama bagi para pelajar yang kurang memiliki banyak waktu luang, yang kebanyakan tinggal di negera-negara Asia, Afrika, juga di Eropa dan Amerika Latin, yang mengenal bahasa Inggris seba gai bahasa kedua, yang merasa sulit untuk menekuni buku-buku ilmiah yang tebal.

Rafi’ el-Imad Faynan menegaskan bahwa dalam pelajaran tata bahasa sebenarnya tidak ada sesuatu yang baru. Namun penulis buku (atau pengajar) tentu harus menemukan cara baru agar pelajaran bisa efektif dan gagasan bisa masuk ke dalam pemahaman pelajar pemula secara mulus. Dalam bukunya ini ia hanya menghidangkan 20 mata pelajaran yang merupakan separuh dari bahan dasar tata bahasa Arab. Separuh lainnya ia hidangkan dalam buku lanjutannya.

Rafi’ el-Imad Faynan adalah guru besar (profesor) bahasa Arab di Jamia Millia Islamia, New Delhi. Ia  merancang pendekatan barunya ini berdasar pengalamannnya sendiri mengajar tata bahasa Arab dan penerjemahan selama lebih dari dua puluh tahun.

Keistimewaan metodenya adalah sebagai berikut:

  1. Pelajar hanya dihadapkan kepada peraturan yang sangat dasar dan paling penting, yang mempersiapkannya untuk menerima penjelasan lebih rinci belakangan.
  1. Bahan pelajaran diungkap dengan cara mengajukan satu gagasan dalam satu kalimat yang menjamin pelajar memahami bahan tahap demi tahap.
  2. Pada akhir setiap pelajaran diberikan analisis tata bahasa dalam bentuk bagan, yang membantu pelajar mengenali dan memahami jabatan setiap kata secara cepat.
  3. Pelajaran tentang kata benda dan kata kerja bentuk ganda dan jamak baru diberikan pada bab 16, yaitu setelah pelajar cukup akrab dengan pelajaran tentang kata benda dan kata kerja tunggal, sehingga mereka sudah siap menerima pelajaran baru.
  4. Pelajaran tentang ‘kata kerja lemah’ (al-fi’lul-mu’tall) biasanya selalu membingungkan pelajar. Tapi penjelasan tentang perubahan-perubahannya yang demikian sederhana membuat pelajaran ini jadi mudah dipahami.

Simaklah bagaimana Rafi’ el-Imad Faynan mengurai pelajaran tersebut.

SHARAF

  1. Perhatikan fi’il madhi dan fi’il mudharinya yang sangat berbeda dalam delapan jenis kata kerja yang tertulis di atas.
  2. Dalam bahasa Arab ada tiga ‘huruf lemah’ atau ‘huruf ilat’ (huruf penyakit), yaitu alif, wawu, dan ya’.
  3. Kata kerja seperti kataba disebut strong verb atau al-fi’lu-shahih, karena tidak mengandung ‘huruf ilat’.
  4. Setiap kata kerja yang mengandung alif, atau wawu, atau ya’ sebagai huruf pertama, kedua, atau ketiga, disebut sebagai weak verb atau al-fi’lul-mu’tall(u). Misalnya قال يقول mengandung alif pada fi’il madhinya dan mengandung wawu pada fi’il mudharinya.
  5. Ketiga huruf ilat itu secara umum dianggap sãkin atau tidak bersuara. Karena itu dalam kata depan seperti فى, إلى dan على kita dapati huruf ya’ tidak bersuara.
  1. Perubahan konjugasi (tasrif) selalu terjadi pada kata kerja yang mengandung huruf ilat.
  1. Alasan pokok dari perubahan itu adalah karena dalam bahasa Arab tidak boleh terjadi pertemuan dua huruf yang tidak bersuara (ijtima’u-sakinain).
  2. Bila terjadi pertemuan dua huruf ilat, maka salah satu harus dibuang.
  3. ‘Kata kerja lemah’ (berhuruf ilat) yang sering digunakan terbagi menjadi delapan jenis.
  4. Perubahannya terjadi seperti terlihat pada kedelapan contoh di atas. Penjelasan-penjelasan tersebut, bila diperhatikan dan dihafalkan, tentu akan menjadi salah satu dasar  yang kuat untuk memahami tata bahasa Arab.
Comments
3 Responses to “Bahasa Arab Bisa Mudah Dan Menyenangkan?”
  1. rika says:

    sy ksh link artikel ini ama si irma pak, siapa tau dg buku yg ini dia lbh ngarti.

  2. Ahmad Haes says:

    Iya, temen kita yg satu itu kayaknya lbh ngerti bhs bule drpd org indon pd umumnya. (Ya iyalah!)

  3. artikel yang sangat bermanfaat
    terima kasih infonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: