Peniti

abah-hideung2Abah Hideung, yang disebut demikian karena selalu berpakaian hitam-hitam, adalah salah satu abah (bapak) kebanggaan kami.

Banyak orang Cibadak, Sukabumi, hanya mengenal beliau sebagai guru silat dan ketua ‘paguyuban’ banyak perguruan silat, tapi kami lebih mengenal beliau sebagai narasumber tempat bertanya tentang Hadis, tafsir Al-Quran, bahasa Arab, dan pengalaman beliau mukim 14 tahun di tanah Arab, yang bahkan membuat beliau sempat berkunjung ke Israel.

Kami bisa betah mengerumuni beliau selama berjam-jam, karena beliau juga suka melucu. Dan kalau beliau melucu, wajah beliau tetap kelihatan dingin walau pendengarnya tertawa terpingkal-pingkal.

Kemarin, 29 April, misalnya, ada teman yang penasaran bertanya apakah beliau kebal atau tidak.

“Si Abah mah tidak kebal!” celetuk abah kami yang lain, Abah Kamil, “Tapi dia bisa menaklukkan orang kebal.”

“O, ya? Gimana, Bah?”

“Ah, itu mah gampang!”

“Gampang gimana, Bah?”

“Abah akan tes kekebalan orang itu dengan peniti.”

“Peniti? Kenapa pakai peniti, Bah?”

“Sederhana saja. Kalau misalnya Abah tebas lehernya dengan golok atau pedang, kan bisa berurusan dengan polisi. Kalau Abah tusuk dengan peniti, kan paling-paling cuma keluar darah setetes!”

Comments
9 Responses to “Peniti”
  1. il dzikf says:

    Assalamu Alaikum,,, pak ahmad saya mau nanya,, blog blog bapak bersumber darimana saja ya referensi nya ?? karena banyak artikel aetikel yang berkesan hhe

  2. Ahmad Haes says:

    Sumber tulisan saya banyak sekali. Dari berbagai guru, teman, berbagai bacaan, pergaulan dg masyarakat, penelitian, browsing internet, dll.

  3. ildzikf says:

    alhamdulilah sekali ,, kalau bisa mengusulkan buku buku yang di baca sama bapak bisa di review di blog ini pak, biar kami bisa belajar lebih mendalam ,,, oh iyah pak ini saya mau tanya, bapak kenal abah hideung hhe ,,

  4. Ahmad Haes says:

    InsyaAllah.

  5. ildzikf says:

    pemahaman saya terhadap apa yang di muat di blog ini tidak terlalu jauh ,, pak kalo bisa di muat hasil kajian dari abah hideung, karena baru 2 kali ikut kajian saya sudah ketagihan ,, jika tidak karena kuliah saya akan tetap mengikuti kajian sampai selesai ,,

  6. Ahmad Haes says:

    Wah, sayangnya saya tak punya bahannya. Lagipula, sudah lama tidak ketemu beliau. Tapi saya prnah membuka blognya (alamatnya lupa). Entah isinya sudah bertambah atau belum.

  7. ildzikf says:

    wah ya sudah tak apa apa pak ,, dengan blog bapak juga cukup menambah reverensi saya ,, kalau blognya belum bertambah pak ,, namanya bajra domas ,,

  8. Ahmad Haes says:

    Maksudnya isinya blm bertambah? Wah, ada apa tuh? Masa’ beliau tidak serius menggarap blognya? 🙂

  9. ildzikf says:

    hhe iah belum bertambah,, terakhir dari tahun 2012,,saya juga kurang tau 🙂

Leave a Reply

