Peradaban Dan Teknologi: Sebuah Ajakan Diskusi

(Peradaban) Barat mengejek penganut agama.

(Peradaban) Barat mengejek penganut agama (Yahudi, Nasrani, Islam).

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa di dunia ini ada sejumlah peradaban besar yang berpengaruh dan saling bersaing.

Di antara peradaban-peradaban besar tersebut, yang paling berpengaruh dan tersebar hampir ke setiap jengkal permukaan bumi adalah peradaban Barat.

Peradaban Barat tersebar dan menjadi unggul berkat keunggulan teknologi, sehingga peradaban Barat seperti identik dengan kemajuan teknologi itu sendiri, sehingga siapa pun yang anti Barat bisa otomatis dianggap anti teknologi pula; dan siapa pun yang anti teknologi, segera pula dianggap sebagai anti kemajuan. Dan, karena Barat sekarang adalah ‘penguasa’ teknologi, maka anti Barat berarti anti kemajuan.

Tapi, bagi siapa pun yang kritis, akan mudah pula menemukan kelemahan dari argumen yang ‘mabuk’ teknologi itu; karena teknologi pun bisa menjerumuskan manusia menjadi makhluk yang paling biadab.

Alasannya sederhana. Pada satu sisi, teknologi memang merupakan gejala kemajuan manusia, khususnya dalam kemampuan menciptakan peralatan untuk memudahkan manusia mendapatkan segala yang diinginkan. Tapi, di sisi lain, teknologi yang pada dasarnya netral, bukanlah alat untuk membuat manusia menjadi lebih beradab, bukan alat untuk membangun moral atau akhlak mulia. Bahkan, alih-alih membantu manusia untuk lebih beradab, teknologi malah tampak lebih karib dengan berbagai bentuk ambisi manusia yang berciri keserakahan, kerakusan, dan ketidakpuasan.

Ciri-ciri tersebut bahkan tampak jelas sekali pada peradaban Barat yang kini sedang dominan, dan pada peradaban-peradaban lain yang dirasuki (= dirusak!) peradaban Barat.

Bagaimana pendapat Anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: