Awas, virus Conficker C muncul pada tanggal 1 April…!!!

komptr-wormMemang serangan terhadap komputer dunia hanya terjadi sekali dalam beberapa tahun. Tapi itu sudah cukup untuk membuat para pakar keamanan komputer berlomba meredakan serangan ‘program’ jahat itu, yang biasanya memilih tanggal tertentu.

Dan mereka percaya, seperti sudah terjadi beberapa kali, kali ini pun para pembuat virus itu akan meluncurkan karya mereka pada awal bulan April. Ya, mereka suka memanfaatkan budaya populer Barat yang bernama April Mop! Kejutan bulan April. Tapi kejutan mereka bisa membuat kita ‘semaput’ karena kehilangan sesuatu yang sangat berharga dari komputer kita.

Meski tak ada orang yang tahu pasti apa sebenarnya yang bakal terjadi ketika hari-H itu tiba, kita harus segera bersiap siaga.

‘Cacing’ Conficker pertama kali muncul pada akhir 2008, dan mulai jadi berita hangat pada bulan Januari lalu. Kini variannya yang ketiga, Conficker C, telah dikembangkan menjadi cacing yang rumit, kuat, dan sangat berbahaya.

Versi pertama Conficker hanya menggunakan 250 alamat setiap hari, tapi Conficker C menggunakan lebih dari 50.000 alamat sehari, dan kemudian semua aktif. Jumlah itu tentu tidak bisa dilacak dan dihentikan oleh tangan anda!

Berita ini bersumber dari Microsoft.

Nasihatnya, anda harus menutup ‘lubang-lubang’ Windows seluruhnya dengan cara meng-update-nya. Begitu juga software anti virus anda, harus di-update. Pastikan pula bahwa antivirus anda benar-benar bekerja, karena ada kemungkinan Conficker C telah membuatnya disable.

Microsoft juga menawarkan free online safety scan, yang bisa melacak semua versi Conficker.

Selamat berjuang menyelamatkan karya-karya berharga anda!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: