Pilih Mana? Ekonomi Atau Lingkungan?

gallup2

Untuk pertama kali, dalam sejarah 25 taun Gallup dalam pengumpulan pendapat orang Amerika tentang perlindungan lingkungan dan pertumbuhan ekonomi, pemberi suara terbanyak menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi harus diutamakan, walau lingkungan menderita kerusakan sampai batas tertentu.

Gallup melakukan pengumpulan pendapat tentang hal itu pertama kali pada tahun 1984. Pada saat itu lebih 60% menyuarakan penyelamatan lingkungan. Dukungan terhadap lingkungan mencapai puncaknya pada 1990-1991, juga  pada akhir 1990an dan 2000.

Persentase orang Amerika yang menyerukan penyelamatan lingkungan menluncur sampaidi bawah 50% pada 2003 dan 2004, tapi masih lebih tinggi daripada suara yang mendukung pertumbuhan ekonomi. Beberapa tahun setelahnya, terjadi naik dan turun. Tapi tahun ini, persentase suara mereka jatuh ke angka 42%, sementara yang menyuarakan ekonomi melonjak ke angka 51 persen.

Penyebabnya, apa lagi kalau bukan resesi ekonomi di negara adidaya itu?
Hasil pengumpulan pendapat itu menggambarkan betapa masalah ekonomi menempati urutan pertama dalam pikiran orang Amerika. Bahkan mereka agaknya siap untuk mengabaikan masalah lingkungan hidup asal kehidupan ekonomi bisa semarak lagi.

Bagaimana pandangan anda sendiri?

Silakan tulis komentar!

(Dari blog sains Watts Up With That/Benny Peiser)

gallup-poll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: